Sebanyak 4360 Warga Jaksel Disiapkan Menjadi Pelaku Usaha

Pergub tersebut menjadi aturan dasar untuk pelaksanaan program One Kecamatan One Center of Enterpreneurship (OK OCE).

Sebanyak 4360 Warga Jaksel Disiapkan Menjadi Pelaku Usaha
Warta Kota/Anggie Lianda Putri
Ilustrasi. Para pedagang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Pemprov DKI mengeluhkan omset merosot karena sepi pembeli. 

Ribuan warga Jakarta Selatan telah mendaftarkan diri sebagai peserta pelatihan Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) yang diadakan oleh Suku Dinas Perindustrian dan Energi (Sudin PE) Kota Jakarta Selatan.

Program PKT adalah kelanjutan program OK Oce dan telah meluluskan puluhan ribu calon pelaku usaha di tingkat DKI Jakarta.

Nama OK Oce, kemudian, lebih familiar dengan PKT dengan terbitnya Peraturan Gubernur Nomor 102 Tahun 2018 tentang Pengembangan Kewirausahaan Terpadu, yang diteken Anies pada Oktober tahun lalu.

Pergub tersebut menjadi aturan dasar untuk pelaksanaan program One Kecamatan One Center of Enterpreneurship (OK OCE).

Kasie Industri dan Energi Sudin PE Jakarta Selatan, Zulkarnain Nasution mengatakan, pada 2019, pihaknya akan melatih 4.360 calon peserta.

Para peserta itu terbagi dalam empat pelatihan yang diberikan oleh pihaknya, yakni kuliner atau makanan, Fashion, Craft dan membuat macam-macam sabun cair.

“Dengan rincian 2.400 calon peserta ikuti pelatihan kuliner yang dibagi jadi 50 kelas, Fashion 800 calon peserta yang dibagi 20 kelas, craft 800 calon peserta untuk 20 kelas, sabun 360 calon peserta untuk 10 kelas,” katanya, Selasa (19/3/2019).

Dari 4.360 calon peserta itu, Zul menuturkan, 360 di antaranya sudah melakukan pelatihan minggu lalu, dan 440 peserta akan mengikuti pelatihan minggu ini untuk empat bidang komoditi tersebut di 10 kecamatan yang ada di Jakarta Selatan.

"Empat jenis pelatihan disediakan hingga bulan Juli mendatang," terangnya.

Zul menambahkan, ilmu yang diberikan tentu diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat, baik bagi mereka yang ingin memulai usaha baru, atau meneruskan usaha agar menjadi lebih baik lagi.

"Kami berharap, semua materi yang diberikan, dapat menambah ilmu lebih bagi para calon peserta, agar sesuai dengan apa yang tentunya mereka inginkan," katanya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved