Berita Video

VIDEO: Jembatan Layang Cibodas Tangerang Banyak Keretakan, Sudah Dilaporkan Tapi

bahkan ada bebapa balok yang ditaruh oleh warga sekitar untuk menutupi dan menahan keretakan pada dinding.

Kondisi flyover atau jembatan layang yang biasa digunakan masyarakat Cimone menuju Cibodas Kota Tangerang dan sebaliknya sangat mengerikan.

Jembatan yang berada di Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Jatiuwung penghubung antara Kota dan Kabupaten Tangerang tersebut menunjukan keretakan di betonnya dalam jumlah banyak dan ukuran yang besar.

Dari pantauan di lokasi, bahkan ada bebapa balok yang ditaruh oleh warga sekitar untuk menutupi dan menahan keretakan pada dinding.

Pada bagian turap baja yang digunakan sebagai penopang beton jembatan ada yang sudah kondisinya tertekuk hingga beberapa baut menghilang.

Untuk kondisi jalan di jembatan layangnya pun dalam kondisi yang tidak optimal seperti banyaknya lobang dan jalan rusak.

Mirisnya, meski warga mengetahui kondisi mengerikan tersebut, jembatan layang masih dibuka dan digunakan pengendara untuk melintas.

Ahli Digital Forensik Polri Selidiki Laptop PLT Ketum PSSI Joko Driyono Soal Dugaan Pengaturan Skor

Rumahnya Ludes Terbakar, Supriyatna Pasrah dan Minta Bantuan Gubernur Anies

Sibuk Urusi Pemilu, Kantor KPU Depok Masih Ngontrak

Sedangkan, Wahyu warga yang bekerja dekat jembatan layang tersebut merasa was-was dan takut jembatan tersebut runtuh atau membahayakan pengendara. Ia mengatakan, keretakan tersebut pertama muncul sekira lima tahun yang lalu dan semakin melebar.

"Ini sudah lama ya, awalnya mungkin sekitar lima tahun lalu. Awalnya kecil, tapi lama kelamaan makin melebar. Takut juga sih," ucap Wahyu di dekat jembatan penyeberangan Cibodas, Kota Tangerang, Jumat (15/3/2019).

Menurut Wahyu, dia bersama rekan kerjanya jarang melihat ada petugas yang menangani jembatan layang Cibodas. Sekali pun ada, lanjut dia, petugas sekedar menambal keretakan di dinding beton menggunakan semen yang dianggap tidak memperbaiki masalah.

"Pernah beberapa kali paling nambal saja pakai semen. Nanti juga ada retak baru lagi, nambal lagi, retak, nambal lagi," keluh Wahyu. Sementara, Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah telah melaporkan kerusakan jembatan layang itu kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dalam keterangan tertulisnya, Arief meminta agar Kementerian PUPR melakukan evaluasi terhadap kondisi jembatan layang Cibodas dan segera menyegerakan perbaikan.

"Terkait laporan warga tentang kondisi Fly Over Cibodas, kami sudah mengirimkan surat ke Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI Kementerian PUPR, untuk evaluasi dan butuh penanganannya," kata Arief dalam keterangannya. (*)

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved