Pilpres 2019

Tanggapi Hasil Survei Terbaru LSI Denny JA, Fahri Hamzah: Sesama Pemain Jangan Saling Tipu

Lembaga survei, menurut Fahri Hamzah, sebagian partisan dan condong mendukung salah satu pasangan calon.

Tanggapi Hasil Survei Terbaru LSI Denny JA, Fahri Hamzah: Sesama Pemain Jangan Saling Tipu
kompas.com
Fahri Hamzah, Wakil Ketua DPR. 

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah menilai survei LSI Denny JA yang menyebut jarak elektabilitas Jokowi-Maruf Amin dari Prabowo-Sandi mencapai 27,8 persen, tidak sepenuhnya benar.

"Ini kan surveyor ini punya konsorsium. Sudahlah, kita kan pemain, jadi jangan saling tipu, kita sudah tahu," ujar Fahri Hamzah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Fahri Hamzah mengatakan bahwa sepengetahuannya, lembaga survei memiliki konsorsium yang saling bertukar informasi dengan lembaga survei lainnya.

Survei Terbaru LSI Denny JA: Jokowi-Maruf Amin 58,7 Persen, Kata Pengamat Pertarungan Sudah Selesai

Lembaga survei, menurut Fahri Hamzah, sebagian partisan dan condong mendukung salah satu pasangan calon.

"Konsorsium itu punya kesepakatan tentang data. Ada telepon-telepon di antara mereka. Naikin angkanya sekian, tambah sekian, nanti di surveiku aku giniin, ada itu. Sudahlah, kita tahu bahwa kita saling tipu, tapi jangan bilang kita saling tipu, saling tipu ini," ungkapnya.

Fahri Hamzah mencontohkan lembaga survei yang menurutnya kurang tepat, seperti Roy Morgan, karena mengasumsikan seluruh rakyat Indonesia sudah mengambil keputusan.

Fahri Hamzah Sebut Denny JA Tim Sukses, Bukan Ilmuwan, Ini Gara-garanya

Padahal, menurutnya orang Indonesia itu sangat menyimpan rapi pilihan politiknya, sehingga, apa yang disampaikan saat disurvei belum tentu sama dengan yang dicoblos di dalam bilik suara.

"Ya sama dengan kasus Pilkada DKI, ini yang akan terjadi. Rakyat ini akan bohong sama surveyor-surveyor, dan nanti surveyor ini akan malu. Kayak kasus DKI, udah bilang Ahok enggak mungkin dikalahkan karena terlalu jauh meninggalkan Anies Baswedan," tuturnya.

Sebelmnya, LSI Denny JA merilis hasil survei terbaru mereka, terkait elektabilitas capres-cawapres, satu bulan menjelang Pilpres 2019.

34 Kapal yang Terbakar di Muara Baru Tidak Diasuransikan, Kerugian untuk Sementara Rp 23,4 Miliar

Peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa mengatakan, elektabilitas kandidat nomor urut 01 Jokowi-Maruf Amin masih unggul dibandingkan kandidat nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Halaman
1234
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved