Jelang Hari Dilan, Ridwan Kamil Janjikan Bangun Taman Dilan di Bandung

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengumumkan, Taman Dilan akan segera dibangun di Bandung.

Jelang Hari Dilan, Ridwan Kamil Janjikan Bangun Taman Dilan di Bandung
Kompas.com
Vanesha Prescilla, pemeran Milea dalam Film Dilan 1991 bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat konferensi pers di Gedung Pakuan Bandung, Minggu (10/2/2019).(KOMPAS.com/RENI SUSANTI) 

TOKOH Dilan dalam film Dilan seakan begitu lekat dengan Bandung.

Tokoh dalam novel dan film tersebut digambarkan memiliki kehidupan masa remaja di Kota Kembang. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengumumkan, Taman Dilan akan segera dibangun di Bandung.

Rencananya, taman tersebut akan dihiasi mural, foto-foto, serta tulisan sajak karya penulis trilogi novel Dilan, Pidi Baiq.

Jokowi Beli Lukisan Rp 10 Juta Tanpa Menawar, Pelukisnya Bilang Presiden Tahu Karya Seni Bagus

Bahkan, menurut Ridwan Kamil, akan ada replika kendaraan bermotor serupa milik Dilan dalam novel dan film. Ridwan Kamil berniat menarik perhatian pelancong dengan adanya daya tarik tersebut

"Pasti orang mau foto-foto kan, atau orang mau baca buku. Nanti di tempat itu ada perpustakaan yang isinya buku-buku mayoritas tentang Bandung dan Dilan juga," katanya di Gedung Pakuan, Cicendo, Bandung, Minggu (10/2/2019).

Taman Dilan rencananya didirikan di kawasan Gelanggang Olahraga (GOR) Saparua, Citarum, Bandung. Saat ini, proses pembangunan Taman Dilan sedang dalam proses pengajuan tender.

KPU: Golput Sudah Enggak Keren

"Karena kalau pekerjaan pemerintah kan butuh waktu. Baru beresnya nanti di akhir tahun," ujar Ridwan Kamil.

Pada 24 Februari nanti, di Bandung akan digelar Hari Dilan. Pada hari itu, seluruh warga Bandung akan dapat menyaksikan film Dilan 1991 di seluruh bioskop hanya dengan harga Rp 10 ribu.

"Kita bisa menikmati film bareng-bareng itu, suatu apresiasi juga sih sebenernya. Dilan itu kan Bandung kan, jadi kita juga nanti menikmatinya bareng-bareng gitu di Bandung," tutur Vanessa Prescilla, ditemui di rumah dinas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Minggu (10/2/2019).

Kali Bekasi Kembali Berbusa, Wakil Wali Kota Bekasi Heran

"Kayaknya nanti itu akan jadi salah satu kenapa alesan aku mau ke Bandung sih, pasti akan ke taman itu sih," ucap Vanessa.

Tak hanya Vanessa, pemain film Dilan 1991 lainnya pun berbahagia atas dibangunnya Taman Dilan.

Andovi Da Lopez, merasa Dilan 1991 mendapat apresiasi dari masyarakat Bandung. Sedangkan Gusti Rayhan mengaku siap memboyong teman-temannya untuk nongkrong di Taman Dilan.

"Jadi bisa kayak tiap hari nongkrong di situ juga bareng temen-temen, daripada sekarang kan rata-rata anak zaman sekarang kan nongkrong mungkin kurang jelas gitu, jadi bisa ke sana, bisa baca buku di sana," bebernya. (Nurul Hanna)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved