Ini Lima Wilayah Rawan Longsor di Kota Bekasi

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi mencatat ada lima wilayah rawan longsor di wilayah setempat.

Ini Lima Wilayah Rawan Longsor di Kota Bekasi
WARTA KOTA/MUHAMMAD AZZAM
Kondisi tanggul di Kemang Pratama, Rawalumbu, Kota Bekasi yang amblas. 

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi mencatat ada lima wilayah rawan longsor di wilayah setempat.

Wakil Satgas BPBD Kota Bekasi Karsono mengatakan, kelima wilayah itu adalah Kelurahan Bojong Menteng hingga pintu air, Kelurahan Bojong Rawalumbu, Sepanjang Jaya, Marga Jaya, dan Margahayu.

"Semua wilayah itu terletak di bantaran Kali Bekasi. Itu harus diwaspadai karena lokasi berada di aliran sungai rawan pergeseran tanah yang berakibat longsor," katanya kepada Warta Kota, Jumat (4/1/2019).

Pelaku yang Memfitnahnya Anak PKI Punya Bayi Berumur 40 Hari, Wasekjen PKB Berniat Cabut Laporan

Ia menambahkan, kelima wilayah itu sangat dekat dengan Kali Bekasi. Dimulai dari Bojong Menteng sampai pintu air, lanjut ke Kelurahan Bojong Rawalumbu, Sepanjang Jaya, Marga Jaya, hingga Margahayu.

"Selama ini terus kita pantau pergeseran tanah itu. Kita mengimbau warga yang tinggal di titik rawan itu untuk selalu waspada," tuturnya.

Penyebab longsor itu, lanjut Karsono, karena tanah tergerus air Kali Bekasi yang deras saat musim hujan. Terlebih, di bantaran kali itu belum ada turap atau tanggul permanen.

Susan Sameh Ngebet Lihat Salju

"Kita akan infokan langsung ke warga jika potensi amblas, agar pindah ke tempat yang lebih aman. Kita sudah laporkan pihak terkait agar segera dilakukan penangan," paparnya.

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto meminta jajarannya memonitor lokasi-lokasi rawan longsor tersebut. Ia akan terus mengupayakan agar pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR segera membangun tanggul di titik rawan longsor bantaran Kali Bekasi.

"Memang harus segera dibangun tanggul di sepanjang Kali Bekasi ini. Jadi tanah di bantaran kali tidak terus tergerus," kata Tri Adhianto di lokasi longsor di Sepanjang Jaya, Kamis (3/1/2019).

Peruntungan Zodiak di 2019, Pisces Harus Lambatkan Langkah, Sagitarius Bakal Dapat Rezeki Nomplok

Ia mengungkapkan, sudah hampir 20 tahun Kali Bekasi tidak direstorasi. Sehingga, hal tersebut menjadi salah satu penyebab munculnya sejumlah titik rawan pergeseran tanah.

"Memang harus segera dilakukan pembangunan turap, supaya dapat mencegah adanya rumah tinggal atau bangunan milik warga di bantaran Kali Bekasi yang amblas. Kan kasihan kalau tidak segera, akan banyak lagi warga tidak memiliki rumah dan tempat tinggal, yang mereka tempat tinggalnya berubah menjadi sungai, karena tanahnya tergerus," bebernya. (*)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved