2 Pompa Jadi Andalan Pemkot Bekasi Atasi Banjir di Kolong Tol JORR Kalimalang

"Jadi kita akan buat satgas buat jagain pompa itu. Termasuk mengecek dan membersihkan jika ada sampah disaluran air itu."

2 Pompa Jadi Andalan Pemkot Bekasi Atasi Banjir di Kolong Tol JORR Kalimalang
Warta Kota/Muhammad Azzam
Tim gabungan wilayah Kota Bekasi menggelar simulasi penanggulangan banjir, di Kalimalang, Bekasi, Kamis (29/11/2018). 

WARTA KOTA, BEKASI --- Pemerintah Kota Bekasi mengandalkan dua pompa dalam mengatasi banjir yang kerap terjadi di kolong Tol JORR Jalan KH Noer Ali Kalimalang.

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan, kolong Tol JORR lebih rendah sehingga aliran air pasti tergenang di  lokasi itu.

"Jadi memang kita hanya andalkan dua pompa buat menyedot air itu. Kalau pengoperasian pompa tidak ada masalah tidak akan ada banjir," katanya kepada wartawan, Kamis (29/11/2018).

30 Tahun Tak Pernah Dikeruk, Kali Bekasi Sumbang 49 Titik Banjir di Bekasi

Tri menjelaskan, banjir  kerap melanda kolong Tol JORR karena saluran air penuh sampah dan petugas pompa  telat menyalakan mesin pompa.

"Jadi air hujan yang turun di bawah jalan tol itu karena paling rendah tidak bisa mengalir langsung ke sungai, harus dengan pompa untuk di saluran ke sungai di dekat kolong tol JORR," ucap Tri Adhianto.

"Makanya di situ kita sudah bikin kolam olah yang semua itu tergantung pada pompa," katanya lagi.

Tri  Adhianto mengungkapkan, lokasi itu terkena banjir jika kerja pompa tidak bekerja maksimal.

Seperti petugas terlambat hadir untuk menyalakan pompa maupun sampah yang menyumbat saluran air.

"Jadi kita akan buat satgas buat jagain pompa itu. Termasuk mengecek dan membersihkan jika ada sampah disaluran air itu," ucapnya.

Hadapi Bencana Banjir, Tim Gabungan Pemkot Bekasi Gelar Simulasi

Dia menambahkan, pihaknya sedang melakukan cara lain untuk menangani banjir di kolong Tol JORR itu sehingga tidak mengandalkan pompa saja.

"Kolong tol JORR sebenarnya juga bisa diatasi dengan pelebaran gorong-gorong Kali Buaran. Kita sudah rencanakan pembangunan itu," ucapnya.

"Proyek pelebarang gorong-gorong itu saat ini masih dalam tahap perencanaan oleh Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA)," katanya lagi.

Kolong Tol JORR tersebut sudah sering dilanda banjir. Terakhir terjadi Senin (26/11/2018) karena hujan deras yang membuat kolong Tol JORR terendam banjir setinggi 60 cm.

Banyak kendaraan mogok karena memaksakan untuk menerobos banjir tersebut. Banjir itu juga membuat arus lalu lintas pun lumpuh dari arah Jakarta menuju Bekasi. 

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved