Amien Rais Ungkap Makna Peribahasa Kuno Ikan Busuk Mulai dari Kepala yang Dikaitkan Negara Rusak

Oleh para filsuf dikatakan, sebuah negara mulai rusak tentu dari kepalanya, yaitu presidennya.

Amien Rais Ungkap Makna Peribahasa Kuno Ikan Busuk Mulai dari Kepala yang Dikaitkan Negara Rusak
Kompas.com
Amien Rais 

KETUA  Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais menyampaikan peribahasa kuno, ikan busuk mulai dari kepalanya untuk menjelaskan penilaian dengan perumpamaan terhadap sebuah negara.

Meski Amien Rais menyatakan, peribahasa itu bukan menyerang seseorang di sebuah negara.

"Jadi, ikan itu busuk mulai dari kepala. Oleh para filsuf dikatakan, sebuah negara mulai rusak tentu dari kepalanya, yaitu presidennya tapi saya tidak menyebut pimpinan nasional," kata Amien di arena HUT ke-20 PAN, di kantor DPP PAN, Jalan Senopati, Jakarta Selatan, Kamis (23/8/2018).

Amien Rais menjelaskan, peribahasa ikan membusuk mulai dari kepalanya berasal dari China, tapi ada yang mengatakan, itu peribahasa Yunani Kuno atau daerah lainnya.

Peribahasa ini telah disampaikan pada penutup khutbah di Masjid Sunda Kelapa.

Baca: Amien Rais Tidak Masalah dengan Figur Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden

Baca: Ramalan Kartu Tarot Jelaskan Nasib Timnas U-23 Saat Lawan UEA di 16 Besar Asian Games 2018

Baca: Fahri Hamzah Curiga Pemerintah Bokek sehingga Mendagri Minta Duit ke 33 Gubernur untuk Gempa Lombok

Supaya kebusukan tak merusak seluruh negara, dia mengajak semua kader PAN untuk melaksanakan kewajibannya, yakni teguh mengusahakan keadilan sosial sebagaimana yang disebutkan di Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Cara mewujudkan keadilan yakni melalui Pilpres 2019, PAN mendorong agar Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memimpin Indonesia.

"Insya Allah, nanti duet Prabowo dan Sandiaga Uno dapat membawa perubahan karena tagline-nya tegakkan keadilan dan perangi kezaliman. Jadi, kita sudah dengan konsisten dengan Pak Sandiaga Salahuddin Uno. Beliau katakan Insya Allah, kalau dengan izin Allah, tentu antara lain tadi membuka lapangan kerja, percepatan pembangunan, penurunan harga," katanya.

Dia mengajak semuanya mewaspadai kecurangan pada Pilpres 2019. Selain itu, survei-survei yang beredar menjelang Pilpres 2019 perlu disikapi sebagai pendorong kerja keras.

Ilustrasi ikan busuk mulai dari kepalanya.
Ilustrasi ikan busuk mulai dari kepalanya. (Tribunnews)

Sementara itu, dalam ulasan Kompas.com, Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional ( PAN) Amien Rais menegaskan bahwa pada hakekatnya Bangsa Indonesia merupakan satu kesatuan meski terdiri dari masyarakat yang berbeda suku, agama dan etnis.

Halaman
12
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help