Gempa Bumi

Fahri Hamzah Curiga Pemerintah Bokek sehingga Mendagri Minta Duit ke 33 Gubernur untuk Gempa Lombok

Fahri Hamzah curiga pemerintah tak punya uang sehingga minta para gubernur bantu pembiayaan bencana di Lombok, NTB.

Fahri Hamzah Curiga Pemerintah Bokek sehingga Mendagri Minta Duit ke 33 Gubernur untuk Gempa Lombok
photo collage/wartakotalive.com
Presiden Joko Widodo dan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. 

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah menyesalkan sikap pemerintah pusat yang belum juga menyatakan bencana di Lombok, Nusa Tenggara Barat, sebagai bencana nasional.

Permintaan Fahri Hamzah agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan gempa di Lombok sebagai #bencananasional justru direspon Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang meminta sumbangan kepada para gubernur se-Indonesia.

Fahri Hamzah mengatakan, surat Mendagri yang ditujukan kepada para gubernur itu diteken Senin (20/8/2018).

Menurut Fahri, surat Mendagri itu sekaligus mengindasikan bahwa keuangan pemerintah pusat saat ini sudah sangat tertekan.

Baca: Fahri Hamzah Bikin Puisi Soal Bencana: Tenda-tenda Beterbangan, Kembalilah

Baca: Fahri Hamzah-Rizieq Shihab Ungkap Peran KH Maruf Amin Dalam Gerakan Umat Hadapi Ahok

"Langkah mendagri ini mengisaratkan bahwa keuangan pusat sudah cukup tertekan. Sehingga lagi2 hrs "meminta ke daerah"," tulis Fahri Hamzah di akun twitternya.

Surat Mendagri Tjahjo Kumolo yang meminta bantuan ke pemerintah daerah menunjukkan pemerintah ingin menyerah dan lempar handuk. 

"Kalau pemerintah pusat mau lempar handuk, lebih baik terbuka dan jujur. Biar kita sekalian galang sumberdaya masyarakat saja. Negara Gak usah ikut. Kalau memang nggak sanggup," ujar Fahri Hamzah.

Surat Mendagri Tjahjo Kumolo kepada para gubernur meminta bantuan dana untuk menanggulangi korban gempa Lombok, NTB. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mencurigai pemerintah tak mempunyai uang sehingga meminta bantuan kepada daerah.
Surat Mendagri Tjahjo Kumolo kepada para gubernur meminta bantuan dana untuk menanggulangi korban gempa Lombok, NTB. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mencurigai pemerintah tak mempunyai uang sehingga meminta bantuan kepada daerah. (@fahrihamzah)

Fahri juga mencurigai pemerintah pusat ingin lepas tangan dalam kasus bencana yang terjadi di Lombok, NTB. Meski gempa hampir terjadii 1.000 kali, gempa di daerah ini masih berstatus bencana daerah.

Baca: Susno Duadji Posting Video LRT Palembang Mogok, Fahri Hamzah Sindir OTT KPK

Baca: Idul Adha di Arab Saudi dan Indonesia Beda Sehari, Menteri Agama Minta Tak Perlu Dibesarkan

"Bagi saya, ini nampaknya pemerintah pusat mau lepas tangan: karena surat itu blm tentu mendapat sambutan dr pemda lain krn kondisi keuangan pemda juga tdk merata bahkan tdk mampu," ujar Fahri Hamzah.

Simak beberapa twit Fahri Hamzah berikut ini.

Halaman
1234
Penulis: Suprapto
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help