Asian Games 2018

Anies Baswedan: Jika yang Mengelola Jakarta Dulu Memperhatikan, Kita Enggak Punya Warisan Kali Item

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, Kali Item yang berada di belakang Wisma Atlet Kemayoran, sudah menimbulkan bau sejak dahulu.

Anies Baswedan: Jika yang Mengelola Jakarta Dulu Memperhatikan, Kita Enggak Punya Warisan Kali Item
WARTA KOTA/ANGGIE LIANDA PUTRI
Gubernur DKI Anies Baswedan di Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (24/7/2018). 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, Kali Item yang berada di belakang Wisma Atlet Kemayoran, sudah menimbulkan bau sejak dahulu.

"Problem ini bukan munculnya bulan lalu. Ini adalah masalah yang sudah menahun dan di masa-masa lalu tidak diselesaikan. Jadi, kami terima warisan masalah ini," ujar Anies di Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (24/7/2018).

Ia menyesalkan mengapa pemerintah sebelumnya tidak membersihkan Kali Sentiong (Kali Item) yang saat ini diributkan, karena mengelurkan bau tidak sedap.

Baca: Ini Alasan Anies Baswedan Pasang Jaring di Kali Item

"Kali yang hitam, kotor, bau. Itu kenyataan yang kita terima, bukan kita yang membuat. Jadi, kalau dulu sudah dibersihkan, kita enggak nerima masalah ini," katanya.

"Kali itu bukan item sejak tiga bulan lalu, kali itu sudah item sejak tahun-tahun lalu. Jika yang mengelola Jakarta dulu memperhatikan ini, kita enggak punya warisan Kali Item. Ini karena dulu enggak diperhatikan, jadi kita punya warisan Kali Item," papar Anies.

Baca: Waring Kali Item dan Tiang Bambu Asian Games Masuk Media Asing Jadi Bahan Obrolan di Medsos

Baca: Tiga Alasan Ahok Jatuh Cinta Pada Veronica Tan, No 3 Ada Bagian Tubuh yang Bikin Hoki

Baca: VIDEO: Pemprov DKI Masih Kaji Libur Sekolah saat Asian Games

Menjelang Asian Games 2018, Anies terus berusaha meminimalisir bau yang keluar dari kali agar tidak mengganggu para atlet yang singgah di wisma tersebut.

"Kita buat langkahnya. Satu, dengan melakukan penutupan untuk mengurangi pemandangan, yang kedua adalah utamanya evaporasi, penguapan," paparnya.

Teknologi PT MJH 

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mengatakan bahwa Pemprov DKI berencana untuk membersihkan Kali Item dengan teknologi dari PT MJH.

Sebelumnya PT MJH merupakan perusahaan yang memperkenalkan teknologi mengubah limbah tinja menjadi air bersih dalam waktu setengah jam.

"Pengolahan air limbah sungai sekarang yang sungai, Kali Item sekarang atas instruksi pak Wapres salah satunya kita mencoba sistem yang diperkenalkan oleh PT MJH," ujar Sandiaga, Kamis (31/5/2018).

Sandiaga berharap pembersihan tersebut dapat segera dilakukan sebelun Asian Games berlangsung karena lokasi Kali Item yang berdekatan dengan Wisma Atlet.

"Kita sendiri mungkin kalau bisa dilakukan sebelum Asian Games, sebagian sungai Kali Item itu bisa kita olah jadi warnanya bisa lebih jernih. Bisa tidak menimbulkan aroma yang tidak sedap karna itu dekat sekali dengan venue Asian Games. Dekat sekali dengan kafetaria yang akan digunakan oleh atlet dan official untuk kegiatan dining," tutur Sandiaga. (*)

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help