Ini Dua Bukti Hizbut Tahrir Indonesia Sebarkan Ajaran yang Bertentangan dengan Pancasila

Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dinyatakan terbukti menyebarkan ajaran yang bertentangan dengan Pancasila.

Ini Dua Bukti Hizbut Tahrir Indonesia Sebarkan Ajaran yang Bertentangan dengan Pancasila
Warta Kota/Joko Supriyanto
Massa pendukung HTI di depan Gedung PTUN Jakarta, Senin (7/5/2018). 

HIZBUT Tahrir Indonesia (HTI) dinyatakan terbukti menyebarkan ajaran yang bertentangan dengan Pancasila. Hal itu dibuktikan dalam dua kegiatan HTI selama ini.

Bagi hakim, apabila ajaran HTI hanya sebatas ide atau gagasan, dapat diperbolehkan. Tetapi, HTI sudah melakukan penyebaran ajarannya di kampus maupun di masyarakat.

Kegiatan penyebaran ajaran HTI pertama dilakukan saat Muktamar Khilafah di Gelora Bung Karno pada 2013 lalu. Muktamar itu dihadiri para tokoh ulama dari berbagai negara yang mayoritas berpenduduk muslim.

Baca: BREAKING NEWS: PTUN Tolak Semua Gugatan Hizbut Tahrir Indonesia

Kegiatan kedua,  pembaiatan ribuan mahasiswa Institut Pertanian Bogor melalui lembaga dakwah kampus untuk menjadi anggota HTI.

"Dari dua kegiatan tersebut, membuktikan bahwa HTI telah melakukan kegiatan penyebaran ajaran yang bertentangan dengan Pancasila," tegas Hakim Ketua Tri Cahya Indra Permana saat persidangan di PTUN, Jakarta, Senin (7/5/2018).

Ajaran yang dimaksud adalah ajaran Khilafah Islamiyyah yang menginginkan adanya satu sistem kenegaraan yang sama di seluruh penjuru dunia. Hal itu, menurut hakim, jelas bertentangan dengan nilai Pancasila.

Dengan demikian, hakim menolak seluruh gugatan yang dilayangkan oleh HTI, dan memutuskan bahwa surat pembubaran ormas HTI oleh Kemenkumham sah. (Amriyono Prakoso)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved