Home »

Bisnis

» Makro

Jasa Marga Menyiapkan Mobile Reader di Pintu Tol saat Mudik Lebaran

PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah menyiapkan perangkat mobile reader untuk memudahkan pengguna jalan dalam transaksi pembayaran tol.

Jasa Marga Menyiapkan Mobile Reader di Pintu Tol saat Mudik Lebaran
Tribun Jabar
Ilustrasi antrean kendaraan di Gerbang Tol Cikarang Utama 

WARTA KOTA, PALMERAH---PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah menyiapkan perangkat mobile reader untuk memudahkan pengguna jalan dalam transaksi pembayaran tol, terutama saat mudik Lebaran nanti.

Raddy R Lukman, General Manager Jasa Marga Cabang Cikampek, mengatakan, khusus di gerbang tol (GT) Cikarang Utama akan difungsikan 10 unit mobil reader (arah Cikampek) dan 15 unit (pada gerbang arah Jakarta).

Baca: Jelang Uji Coba Ganjil Genap Tol Jagorawi dan Janger, Jasa Marga Terus Upayakan Sosialisasi

"Mobile reader untuk di 'masuk' kami tambah menjadi 10, di 'keluar' ada 15 ke arah Jakarta. Walaupun kami tahu gerbang Cikarang Utama sudah aman untuk jumlah gerbang yang dibuka, tapi ini antisipasi," kata Raddy seperti dilansir Antaranews.com, Rabu (11/4/2018).

Mekanisme penggunaan mobile reader adalah petugas jemput bola membantu pengendara menempelkan kartu tol elektronik yang diyakini bakal mengurai kemacetan jika terjadi antrean panjang di gerbang tol.

Baca: Mengurai Antrean Kendaraan, PT Jasa Marga Tambah 6 Gardu di Gerbang Tol Cengkareng

Upaya lain Jasa Marga dalam mempermudah layanan transaksi tol adalah menambah mesin pengisi ulang (top up) tunai yang saat ini baru ada dua unit di GT Cikarang Utama, menjadi lima mesin.

"Top up tunai ini gunanya untuk memperkecil gangguan karena pengguna jalan yang kekurangan saldo. Oleh sebab itu, kami sarankan pengguna jalan untuk cek saldo sebelum berangkat," kata Raddy.

Baca: Tarif Tol Turun, Konsensi Diperpanjang: Bisnis Jalan Tol Jasa Marga Tidak Terganggu

Selain lewat tunai, top up juga dapat dilakukan dengan menggunakan kartu debit. Petugas sudah menyiapkan mesin electronic data capture (EDC) untuk penambahan saldo kartu elektronik.

Untuk mencegah kepadatan di GT Cikarang Utama pada puncak arus mudik dan arus balik, Jasa Marga mengoperasikan maksimal 20 gardu tol operasi (arah Cikampek), dan 29 gardu tol operasi (arah Jakarta).

Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help