WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Aplikasi e-Cinta Berisikan Panduan Tumbuh Kembang Anak

Dijelaskan Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing, Leny Ariyani, pada aplikasi tersebut berisi sejumlah panduan atau pedoman tumbuh kembangnya anak.

Aplikasi e-Cinta Berisikan Panduan Tumbuh Kembang Anak
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing, Drg Leny Ariyani, di lokasi launching. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Panji Baskhara Ramadhan

WARTA KOTA, CILINCING -- Pelayanan di Puskesmas Kecamatan Cilincing untuk memantau tumbuh kembang anak, tidak lagi menggunakan modul atau form namun menggunakan aplikasi yang dinamakan e-Cinta (Cara Indah Merangsang Tumbuh Kembang Anak) elektronik.

Dijelaskan Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing, Leny Ariyani, pada aplikasi tersebut berisi sejumlah panduan atau pedoman tumbuh kembangnya anak.

"Program berbasis website internet e-Cinta itu, diluncurkan sebagai pendeteksi dini terhadap tumbuh kembang anak. Program ini, berisikan sejumlah data anak, yang sekaligus pedoman tumbuh Kembang anak pada usia emas. Tidak hanya tim kesehatan puskesmas yang dapat menggunakan aplikasi ini. Namun kedepannya guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dapat dilibatkan dalam program ini," katanya di acara launching e-Cinta, Rabu (13/9/2017).

Dikatakan Leny, awal terbentuknya program ini dari pemikiran pihak Tim Gugus Kendali Mutu Puskesmas Kecamatan Cilincing, yang tengah membahas permasalahan kesehatan anak di diwilayah Kecamatan Cilincing.

"Pembahasan itu terutama di kasus pengidap gizi buruk. Tim kesehatan itu, akan mencatati perkembangan setiap anak yang terdata pada program itu. Gizi buruk, tentunya berpengaruh pada lambatnya tumbuh kembang anak pada umur 0-6 tahun. Contohnya, anak lambat untuk dapat berbicara dan lain-lain," katanya kembali.

Dijelaskan Leny, penggunaan aplikasi tersebut petugas kesehatan akan langsung menginput tanggal lahir si anak, untuk mendeteksi umur anak tersebut.

Setelah mengetahui umur anak, petugas akan memandu orangtua anak, terkait tumbuh kembang anak.

"Tim akan mencatat data anak sehingga dapat mendeteksi sejauh mana tumbuh kembangnya si anak. Apabila, tak sesuai dengan anak yang seusianya, maka tim kesehatan akan meminta keluarga untuk segera memperhatikan kondisi anak itu. Bagaimana lingkar kepalanya, tubuh, tumbuh kembang anak, serta berat badannya," jelasnya.

Dia menambahkan juga membuka kelas 'Cinta' sebagai realisasinya untuk dapat mewujudkan tumbuh kembang anak seusianya.

Anak, serta orangtua juga dapat berkonsultasi dengan tim kesehatan dan diberikan pelatihan yang tujuan anak tumbuh kembang secara normal, sesuai usianya.

"Kelas Cinta baru dibuka saat ini di puskesmas Kecamatan Cilincing. Kedepannya akan dibuka ditiap Puskesmas Kelurahan. Jadi, lebih dekat dengan masyarakat," terang Leny. (*)

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help