Kenali Fungsi, Jenis, dan Cara Kerja Bio Septic Tank yang Ramah Lingkungan

Editor: Ahmad Sabran
Ilustrasi: Bio Septic Tank

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Secara umum kamar mandi atau toilet merupakan tempat pembuangan kotoran atau limbah manusia.

Tapi pernah anda bertanya kemana perginya semua kotoran itu? Semua kotoran tersebut ditampung di suatu tempat yang mana tempat itu biasanya ditanam di dalam tanah.

Tempat tersebut namanya septic tank.  

Fungsi Utama dari Septic tank:

Septic tank merupakan tempat atau bak didalam tanah yang digunakan untuk menampung kotoran manusia.

Tidak hanya menampung semua kotoran, akan tetapi juga bertugas untuk meresap kotoran tersebut ke dalam tanah agar tidak timbul bau yang menyengat.

Ada beberapa jenis dan bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan septic tak, diantaranya:

1. Jenis yang tertutup, jadi lubang bagian atas tertutup oleh beton dan pada semua sisinya terbuat dari semen kecuali pada ruang untuk peresapan.

2. Jenis yang terbuka, biasanya ditemui pada kampung atau pedesaan yang memiliki lahan yang luas. Dengan tidak menutup lubang tersebut dengan cor atau beton dan dibiarkan terbuka begitu saja.

Dan untuk bahan yang biasa dipakai adalah beton, plastic, fiberglass,dan juga baja. Namun, sangat jarang sekali pembangunan rumah menggunakan bahan baja. Karena sangat berat dan mudah berkarat, sehingga perawatannya harus lebih diperhatikan.

Halaman
1234