Pendidikan

Jumlah Lansia Bakal Meningkat, Ikatan Alumni FKUI 1972 Luncurkan Rumah Lansia

Peringati Tahun Emas, Ikatan Alumni FKUI 1972 luncurkan Rumah Lansia. Diprediksi pada masa depan jumlah lansia bakal meningkat.

Penulis: Dodi Hasanuddin | Editor: Dodi Hasanuddin
Istimewa
Jumlah Lansia Bakal Meningkat, Ikatan Alumni FKUI 1972 Luncurkan Rumah Lansia 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Jumlah Lansia Bakal Meningkat, Ikatan Alumni FKUI 1972 luncurkan rumah lansia.

Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Angkatan 1972, meluncurkan Rumah Lansia untuk meningkatkan pelayanan dan perhatian pada masyarakat lanjut usia.

"Ini sebagai kado untuk memperingati Tahun Emas Ikatan Alumni FKUI Angkatan 1972," ujar Ketua Ikatan Alumni FKUI Angkatan 1972, Dr. H. Tarmizi Hakim, pada acara Reuni 50 Tahun Ikatan Alumni FKUI Angkatan 1972, di Aula IMERI Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jl. Salemba Raya, Jakarta Pusat, Kamis (23/2/2023).

Baca juga: Dies Natalis Ke-73 Universitas Indonesia Masuk 10 Perguruan Tinggi Terbaik di Asia Tenggara 2023

Menurut Dr. Tarmizi Hakim, dalam rangka merayakan Tahun Emas Dokter FKUI Angkatan 1972, forum alumni mengenalkan kepada publik hasil kerja organisasi yang sudah tercetus sejak 15 tahun yang lalu, yaitu Rumah Lanjut Usia (Lansia).

"Ini dilatarbelakangi beberapa pemikiran, pertama, karena kami para dokter, baik sebagai individu maupun anggota masyarakat, pada suatu saat akan menua dan membutuhkan tempat yang bisa menampung kami, bila situasinya memaksa," kata Dokter Tarmizi.

Kedua, tambah dia, masyarakat umum selain komunitas dokter, khususnya Ikatan Alumni FKUI 1972, bila dibutuhkan juga dapat memanfaatkan fasilitas ini.

Ketiga, lanjut Dr. Tarmizi, untuk mengantisipasi bahwa jumlah lansia di masa depan akan semakin meningkat dengan pertambahan usia harapan hidup, akibat perbaikan kualitas pelayanan kesehatan.

Keempat, papar Dr. Tarmizi, ke depan Rumah Lansia dapat menjadi sumber devisa sebagai tujuan retirement home (rumah pensiunan) bagi para ekspatriat yang ingin mendapatkan pelayanan yang komprehensif, ramah, dekat dengan pusat pelayanan kesehatan dan rumah sakit, nyaman dan relatif murah.

"Pada kesempatan ini, kami para dokter alumni FKUI angkatan 1972, juga mengingatkan dan menyampaikan aspirasi kepada pemerintah agar mengantisipasi, menyiapkan lebih banyak fasilitas pelayanan lansia di seluruh Indonesia," kata Dr. Tarmizi.

Menurut dia, hal tersebut dimaksudkan agar jangan sampai penanganan persoalan lanjut usia terlambat. "Karena ini merupakan tanggung jawab negara," ucap Dr. Tarmizi.

Ikatan Alumni FKUI ini, lanjut dia, juga menerbitkan buku Iluni angkatan 1972 yang merupakan rangkuman dari tulisan populer pengalaman pribadi dan kesan-kesan dari para anggota. Kemudian, tutur dia, ditambah tulisan ilmiah populer yang merupakan kontribusi dari para anggota dengan berbagai keahlian dan pengalaman lapangan.

"Kami berharap buku Iluni 1972/1973 ini dapat berguna bagi generasi penerus alumni yang muda-muda, mereka yang sedang berjuang meniti karier masing-masing. Juga untuk masyarakat pada umumnya," ucap Dr. Tarmizi.

Sumber: Warta Kota
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved