Cuaca Ekstrem

Jelang Tahun Baru Cuaca Ekstrem Datang, Mabes Polri Minta Polda hingga Polres Siagakan Tim SAR

Jelang Tahun Baru cuaca ekstrem makin parah, ini harus diwaspadai karena berpotensi bangunan roboh. Polisi pun siaga siap bantu.

Penulis: Ramadhan L Q | Editor: Valentino Verry
Istimewa
Ilustrasi - Mabes Polri waswas melihat cuaca ekstem yang kini terjadi, karena itu memrintahkan seluruh jajaran Polda dan Poles untuk siaga membantu rakyat jika terjadi hal yang tak diinginkan. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Antisipasi potensi cuaca buruk, seluruh jajaran Polda hingga Polres diminta untuk menyiagakan tim Search and Rescue (SAR) di wilayah masing-masing.

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, hal itu adalah arahan Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono dalam rapat analisis dan evaluasi (anev) dengan seluruh jajaran Polda dan Polres.

Menurut Dedi, Wakapolri memerintahkan seluruh jajaran untuk segera melakukan mitigasi terkait kemungkinan terjadinya bencana alam hingga akhir tahun ini.

"Wakapolri sudah mengarahkan untuk mempersiapkan pasukan SAR dan sarpras (sarana dan prasarana) untuk menghadapi situasi kontinjensi bencana alam," ujar Dedi, Rabu (28/12/2022).

Selain itu, Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) tersebut diminta juga oleh Wakapolri memetakan daerah-daerah rawan bencana.

"Para Kasatwil sudah diperintahkan turun ke lapangan untuk mapping kerawanan yang mungkin dapat terjadi di wilayah masing-masing, dan siapkan secara maksimal kontinjensi plan," ujar Dedi.

Baca juga: Ancaman Cuaca Ekstrem, Ini Cara Pengemudi Ojol Untuk Tetap Keluar Rumah Cari Nafkah

Baca juga: Antisipasi Cuaca Ekstrem, BPBD Kota Tangerang Imbau Warga Amankan Surat Berharga

Mabes Polri, tutur Dedi, bahkan turut menyiagakan sejumlah personel yang nantinya diterjunkan dalam rangka bantuan mitigasi bencana.

"Untuk back up wilayah apabila diperlukan, seperti mitigasi gempa Cianjur," katanya.

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved