Berita Video

VIDEO Indahnya Museum Nasional Qatar yang Berbentuk Seperti Mawar Gurun

Gedung Musuem Nasional Qatar terbilang cukup unik.Bangunan berundak pipih berwarna cokelat itu ternyata merupakan bentuk dari mawar gurun.

Penulis: Desy Selviany | Editor: Fredderix Luttex

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Tidak hanya sepak bola, suporter Piala Dunia 2022 Qatar juga bisa menikmati sejumlah bangunan unik di Qatar salah satunya Museum Nasional Qatar.
Berbeda dengan museum pada umumnya yang memiliki kesan bangunan kuno, Gedung Musuem Nasional Qatar terbilang cukup unik.
Dari video yang dibagikan jurnalis Wartakotalive.com Eko Priyono, museum yang terletak di Doha, Qatar itu memiliki bentuk bangunan berundak pipih.
Bangunan berundak pipih berwarna cokelat itu ternyata merupakan bentuk dari mawar gurun.


Dikutip dari nmoq.org.qa Museum Nasional Qatar baru selesai direnovasi pada tahun 2019 lalu.
Museum tersebut dibangun di sekitar Pusat Istana Sheikh Abdullah bin Jassim Al Thani. Kini Istana tersebut juga sudah dipugar dan dilestarikan agar bisa dinikmati wisatawan.

Baca juga: VIDEO Nadiem Makarim Sebut Tahun Ini 320.000 Guru Honorer Diangkat Jadi ASN PPPK

Museum yang dirancang oleh arsitektur ternama Jean Nouvel itu terinspirasi dari mawar gurun yang halus namun perkasa.
Desain bangunan tersebut membuat museum nasional Qatar menjadi salah satu museum paling unik di dunia.
“Qatar memiliki hubungan yang mendalam dengan padang pasir, dengan flora dan faunanya, orang-orang nomadennya, tradisinya yang panjang. Untuk memadukan kisah-kisah yang kontras ini, saya membutuhkan elemen simbolis. Akhirnya, saya teringat fenomena mawar gurun: bentuk kristal, seperti peristiwa arsitektur mini, yang muncul dari tanah melalui kerja angin, air asin, dan pasir. “ kata arsitek Jean Nouvel.

Baca juga: Diikuti 60 Negara, Presiden Jokowi Buka Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022


Selain arsitektur yang unik dan ruang galeri yang memukau, gedung ini memiliki auditorium berkapasitas 220 kursi, dua restoran, kafe, dan forum makanan tradisional.
Untuk pelajar dan mahasiswa, museum ini menawarkan pusat penelitian dan laboratorium baru bersama dengan akses ke arsip digital.
Sebuah taman lanskap juga memberikan pengunjung kesempatan untuk menjelajahi dan belajar tentang tanaman asli Qatar dan peran mereka dalam budaya Qatar.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved