Finansial

DANA Bersama BI dan ASPI Luncurkan QRIS Transfer, Tarik Tunai, dan Setor Tunai, Begini Cara Pakainya

DANA bersama Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia meresmikan QRIS Transfer, Tarik Tunai, dan Setor Tunai.

dok. DANA
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo saat meresmikan QRIS Transfer, Tarik Tunai, dan Setor Tunai (QRIS TTS) melalui soft launching QRIS TTS, Jumat (25/11/2022) di The Mulia Resort & Villas, Nusa Dua, Bali. Dalam peresmian tersebut, aplikasi dompet digital DANA menjadi peserta demo launching QRIS TTS. 

WARTAKOTALIVE.COM, BALI - Aplikasi dompet digital DANA, bersama Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) meresmikan QRIS Transfer, Tarik Tunai, dan Setor Tunai (QRIS TTS) melalui soft launching QRIS TTS, Jumat (25/11/2022) di The Mulia Resort & Villas, Nusa Dua, Bali.

DANA dipilih oleh Bank Indonesia dan ASPI sebagai salah satu dompet digital yang mewakili Penyedia Jasa Keuangan (PJP) non-bank untuk dapat menjadi peserta demo launching QRIS TTS.

Inovasi baru QRIS TTS oleh Bank Indonesia memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi tarik tunai maupun setor tunai hanya dengan memindai kode QRIS yang ada di mitra merchant QRIS.

Sedangkan melalui QRIS transfer, pengguna juga dapat melakukan transfer antar PJP, cukup dengan  memindai kode QRIS pada aplikasi PJP masing-masing pengguna.

DANA merupakan salah satu peserta PJP non-bank yang turut berpartisipasi pada percobaan atau sandbox QRIS TTS.

Pada acara peluncuran, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, melalui aplikasi DANA telah berhasil menerima uang dari Ketua Umum ASPI, Santoso dengan hanya dengan menunjukkan QRIS di aplikasi DANA yang selanjutnya dipindai oleh aplikasi mobile banking BCA.

“Hal ini menunjukkan bahwa QRIS TTS menawarkan prosedur yang lebih cepat, transaksi digital yang lebih mudah dijangkau, serta membuka jalan bagi masyarakat untuk memasuki ekosistem digital,” ujar Perry dalam keterangannya, Senin (28/11/2022).

Sementara, CEO DANA Vince Iswara mengatakan, DANA dengan komitmen untuk terus menghadirkan akses layanan keuangan modern, turut menerapkan sistem QRIS TTS yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer antar PJP dan menerima uang tunai dengan transaksi penarikan dari mitra.

Selain penarikan tunai, pengguna dapat melakukan isi ulang saldo dengan cara menyetor sejumlah uang tunai kepada mitra dan memindai QRIS TTS yang tertera.

“Dengan diluncurkannya sistem ini, DANA ikut mendorong dan mengintegrasikan lembaga keuangan yang ada ke dalam ekonomi digital baru, guna memberikan dampak positif dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Vince.

Menurut Vince, peran serta aktif DANA juga menunjukkan kesiapan dan dukungan penuh DANA untuk mendukung implementasi QRIS TTS di Indonesia.

“Transaksi QRIS TTS melalui aplikasi DANA menjadi bukti komitmen DANA sebagai perusahaan teknologi untuk memberikan manfaat yang berkelanjutan pada perekonomian Indonesia dalam rangka mendukung Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) serta Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI 2025) yang diterbitkan Bank Indonesia,” pungkas Vince.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved