Berita Jakarta

Calon Penghuni Kampung Susun Bayam Geruduk Area JIS Tuntut Jakpro Segera Beri Izin

Warga korban penggusuran proyek JIS itu menuntut pihak Jakpro untuk segera memberi izin menempati hunian baru Kampung Susun Bayam

Wartakotalive/M. Rifqi Ibnumays
Calon penghuni Kampung Susun Bayam geruduk area JIS tuntut segera menempati hunian yang dijanjikan, Senin (21/11/2022) 

WARTAKOTALIVE.COM, PADEMANGAN - Puluhan calon penghuni Kampung Susun Bayam geruduk area Jakarta International Stadium atau JIS di wilayah Papanggo, Pademangan, Jakarta Utara, Senin (21/11/2022).

Warga korban penggusuran proyek JIS itu menuntut pihak PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk segera memberikan izin menempati hunian baru Kampung Susun Bayam.

Dalam aksinya, puluhan warga berkumpul di gerbang masuk Kampung Susun Bayam dekat Pintu Barat JIS sembari membawa poster berisi tuntutan.

Tak hanya itu, perwakilan dari warga juga secara bergantian berorasi sembari menyanyikan lagu yel-yel.

Seorang warga yang menjadi korban penggusuran proyek JIS, Ribka (53) menjelaskan aksi yang dilaksanakan pada siang ini untuk menagih janji JakPro terkait hak menempati Kampung Susun Bayam. 

Baca juga: Stadion JIS & Stadion Batakan Disinyalir Jadi Pilihan Home untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Ribka menyebut, Jakpro memberikan janji pada warga dapat menempati Kampung Susun Bayam pada Minggu (20/11/2022) kemarin. Namun hingga kini belum ada kejelasan.

Ilustrasi - Kampung Susun Bayam di Jakarta Utara diperuntukkan korban gusuran stadion JIS belum bisa dipakai karena Jakpro tak keluarkan izin
Ilustrasi - Kampung Susun Bayam di Jakarta Utara diperuntukkan korban gusuran stadion JIS belum bisa dipakai karena Jakpro tak keluarkan izin (Kompas.com/Muhammad Naufal)

"Janji-janjinya mana? Kita udah tanda tangan di atas materai, SK udah, katanya tanggal 20 November kemarin udah ada, sekarang tinggal terima kunci, mana janjinya? Nggak ada!," kata Ribka di lokasi. 

Bahkan, Ribka mengaku belum mengetahui kepastian dapat menempati hunian yang telah dijanjikan. Terlebih, PT Jakpro mengundur rencana awal hingga Maret 2023.

"Kita nggak tau kenapa belum bisa, malah sampe tanggal 1 Maret 2023 tahun depan diundur lagi," ucap Ribka. 

"Mau sampe kapan kita mau ngontrak? Kemarin saya kena gusuran, gerobak saya hilang. Kita nungguin janji-janji mereka aja. Yang menjanjikan Jakpro," sambungnya. 

Baca juga: Wagub DKI Jakarta Pastikan Kampung Susun Bayam Hanya untuk Warga Setempat dan Terdampak Normalisasi

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmikan Kampung Susun Bayam yang berada di area Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (12/10/2022).

Di hadapan warga, Anies menyebut pembangunan Kampung Susun Bayam tuntas dengan memikirkan keadilan warga yang telah lama tinggal di area JIS.

"Ketika JIS ini dibangun, di sampingnya ada kampung yang pada waktu itu pun sudah direncanakan bahwa warga yang tinggal disini harus menjadi bagian dari kemajuan JIS," kata Anies di lokasi.

Menurut Anies, keberadaan JIS tidak semerta menyingkirkan penduduk Kampung Bayam yang telah lama tinggal di area tersebut.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved