UMKM

Astra Melalui YDBA Dukung Rantai Pasok dan TKDN Industri Manufaktur di Indonesia

Astra melalui YDBA, yaitu dengan terlibat dalam kegiatan Link & Match yang digelar Kementerian Perindustrian RI dan Kadin

Editor: Alex Suban
HO
Direktur PT Astra International Tbk, Gita Tiffani Boer dalam kegiatan Link & Match Industri Kecil Menengah (IKM) yang diselenggarakan Kementerian Perindustrian RI dan Kamar Dagang Industri Indonesia (KADIN) beberapa waktu lalu di Gedung Kementerian Perindustrian RI, Jakarta. Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah untuk mendorong rantai pasok dan optimalisasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang melibatkan IKM di Indonesia, Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) terus menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak untuk melibatkan IKM agar masuk dalam rantai pasok perusahaan besar di Indonesia, salah satunya dengan berkolaborasi dalam pembinaan dan fasilitasi akses pemasaran yang melibatkan 16 Perusahaan Tier 1 PT Astra Honda Motor serta 32 IKM bidang manufaktur binaan YDBA. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah untuk mendorong rantai pasok dan optimalisasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang melibatkan Industri Kecil Menengah (IKM) di Indonesia, Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) terus menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak untuk melibatkan IKM agar masuk dalam rantai pasok perusahaan besar di Indonesia.

Salah satu langkah yang dilakukan Astra melalui YDBA, yaitu dengan terlibat dalam kegiatan Link & Match yang digelar Kementerian Perindustrian RI serta Kamar Dagang Industri Indonesia (KADIN) beberapa waktu lalu di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta. Dalam kegiatan tersebut, YDBA diwakili Ketua Pengurus, Sigit P. Kumala bersama 16 Perusahaan Tier 1 PT Astra Honda Motor serta 32 IKM bidang manufaktur binaan YDBA menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) / perjanjian kerjasama terkait program pembinaaan & fasilitasi akses pemasaran IKM.

Baca juga: UMKM Binaan YDBA Diboyong Pada Pameran Trade Expo Indonesia

Baca juga: Petani Binaan YDBA Melakukan Panen Kedua Jahe Merah di Lebak

Dalam perjanjian tersebut, perusahaan tier 1 akan membeli produk IKM binaan YDBA yang telah memenuhi standar quality, cost dan delivery (QCD) yang diberikan oleh perusahaan tier 1 tersebut, sedangkan IKM dapat membuat produk berdasarkan QCD yang ditetapkan. YDBA sendiri berperan memberikan pembinaan manajemen kepada IKM yang terlibat untuk mendukung IKM tersebut menghasilkan produk yang dibutuhkan oleh perusahaan tier 1.

Turut menyaksikan dalam proses penandatanganan MoU, yaitu Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita; Ketua Umum Kamar Dagang Industri Indonesia (KADIN), M. Arsjad Rasjid P.M. serta Direktur PT Astra International Tbk, Gita Tiffani Boer.

Simak Video Toyota Driving Experience Dibuka :

Gita Tifani Boer dalam sambutan acara ini, menyampaikan bahwa kerjasama ini menjadi salah satu bagian dari kontribusi sosial berkelanjutan Astra, khususnya Astra untuk Indonesia Kreatif yang diharapkan dapat terus mendukung IKM Indonesia dalam mengembangkan usahanya.

Kontribusi YDBA dalam membina IKM merupakan bagian dari Community Development, aspirasi ke-9 dari Astra 2030 Sustainability Aspirations. Gita Tiffani Boer berharap kolaborasi yang melibatkan berbagai perusahaan tier 1 dan IKM ini dapat terus berlangsung dan melibatkan lebih banyak lagi perusahaan tier 1 dan IKM di Indonesia. Direktur PT Astra International Tbk ini juga berharap kegiatan ini dapat terus mendukung tumbuhnya industri komponen otomotif di Indonesia.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved