Transjakarta Buka Suara Terkait Insiden Bus Alami Turbo Heating di Halte Velodrome

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta, Anang Rizkani Noor buka suara perihal bus dengan nomor body PPD 0756 yang mengalami turbo heating.

Warta Kota
Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta, Anang Rizkani Noor buka suara perihal bus dengan nomor body PPD 0756 yang mengalami turbo heating. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Articulated bus milik Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD) mengalami turbo heating.

Insiden bus dengan nomor body PPD 0756 yang beroperasi sebagai armada yang beroperasi di Transjakarta tersebut mengakibatkan sensor Alat Pemadam Api Ringan (APAR) menyala.

Kejadian itu terjadi di Halte Pemuda Rawamangun, Jakarta Timur, pada Rabu (9/11/2022) sekira pukul 13.55 WIB.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta, Anang Rizkani Noor menjelaskan kejadian tersebut berawal pada bus yang saat kejadian tidak sedang dalam pelayanan.

Baca juga: Kronologi Bus Transjakarta Terbakar, Sempat Terdengar Suara Ledakan dari Mesin

"Bus tersebut juga tidak berpenumpang, mengarah ke titik awal keberangkatan di Halte Kota (koridor 1)," ujar Anang dalam keterangannya.

Namun, setelah melakukan split out, di tengah perjalanan bus mengalami turbo heating. Kejadian itu membuat sistem bus secara otomatis menyalakan sinyal APAR pada kabin mesin, sehingga terlihat seperti kepulan asap.

"Tidak ada korban jiwa dan tidak ada kerusakan dalam kejadian ini," ucap Anang.

Hanya saja, kejadian itu menyisakan residu powder yang dikeluarkan oleh APAR tersebut. Anang menegaskan saat ini manajemen Perum PPD sedang melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kejadian hari ini.

Baca juga: Detik-detik Mesin Bus Transjakarta Meledak di Rawamangun, Jakarta Timur

Anang pun juga menjelaskan kepada masyarakat bahwa tidak perlu khawatir untuk menggunakan jasa transportasi Transjakarta.

"Karena manajemen kami selalu memastikan adanya kesiapan armada sebelum dan sesudah beroperasi. Sekaligus memperhatikan protokol kesehatan pada interior dan eksterior armada," pungkas Anang. 

Diberitakan sebelumnya, bus Transjakarta terbakar pada Rabu (9/11/2022). Sebelum bus terbakar, ada terdengar ledakan dari bagian mesin bus. Kronologi terbakarnya bus Transjakarta dibagikan akun instagram @humasjakfire.

Dalam video, terlihat sejumlah petugas Damkar berupaya menyiram mesin belakang bus menggunakan air. Hingga akhirnya, tidak terlihat lagi asap mengepul pada bus Transjakarta berwarna biru tersebut.

Pada kronologi bus Transjakarta terbakar dijelaskan bahwa peristiwa itu terjadi di Jalan Raya Pemuda, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur, persisnya dekat Halte Transjakarta Arion Mall.

Menurut informasi, pengemudi berhenti pada saat lampu lalu lintas berwarna merah. Kemudian terdengar suara ledakan dari mesin yang posisinya berada di bagian belakang bus.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved