Tertarik Ingin Menikmati Siaran TV Digital, Warga Depok Musti Simak Syarat Dapatkan STB

Warga Kota Depok yang ingin menikmati siaran TV digital bisa memanfaatkan set top box (STB) dan memperolehnya secara gratis dengan sejumlah syarat.

Penulis: Gilar Prayogo | Editor: Junianto Hamonangan
Warta Kota/Gilar Prayogo
Suasana Posko Pembagian STB dan alat STB di Bumi Wiyata, Jalan Margonda Beji, Kota Depok, Jumat (4/11/2022). Warga Kota Depok yang ingin menikmati siaran TV digital bisa memanfaatkan set top box (STB) dan memperolehnya secara gratis dengan sejumlah syarat. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, BEJI - STB (Set Top Box) adalah suatu alat baru untuk menonton televisi yang pemerintah lewat Kominfo dan lembaga penyelenggara multiflexing berikan secara gratis bagi masyarakat.

Namun ada syarat-syarat penting yang harus dibawa oleh masyarakat apabila belum mendapatkan STB.

Syaratnya adalah sudah terdaftar sebagai penerima bantuan STB. Caranya adalah dengan mengecek ke cekbantuanstb.kominfo.go.id. 

Baca juga: Erajaya Group Hadirkan iPhone 14 di Indonesia, Antrian Konsumen Terjadi Saat iBox Midnight Launch

Jika sudah terdaftar, maka segera datang ke posko terdekat di kota anda. Posko berada di enam titik, yaitu Kota Depok, Bekasi, Tangerang Selatan, Kota Tangerang dan DKI Jakarta.

Saat ingin mengambil alat STB, diharapkan membawa NIK atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta Kartu Keluarga dan jangan lupa bawa dalam keadaan sudah difotokopi.

"Jadi saat awal akan ada meja untuk verifikasi. Di meja tersebut akan tahu, apakah terdaftar atau tidak," ujar Dani Suwardani sebagai Koordinator Ekosistem Pita Lebar saat ditemui di Hotel Bumi Wiyata, Beji, Kota Depok, Jawa Barat, Jumat (4/11/2022).

Baca juga: Naik ke Penyidikan, Penanggung Jawab Event Berdendang Bergoyang Berpotensi Jadi Tersangka

Saat sudah diverifikasi, nantinya masyarakat akan mendapatkan nomor antrian, yang nantinya jika disebutkan angkanya, maka bisa masuk ke dalam ruangan untuk mengambil.

"Kemudian akan kembali di cek di meja verifikasi validasi. Jadi apakah benar terdaftar dan sudah atau belum mendapatkan alat STB," ungkapnya.

Selanjutnya adalah maju ke meja yang akan diajarkan oleh petugas cara melakukan instalasi STB ke televisi. Saat ini, masyarakat yang mendapatkan bantuan alat STB di Jabodetabek sebanyak 479.307 yang berhak.

"Hingga saat ini sudah sebanyak 476.084 atau 99,3 persen yang sudah menerima bantuan alat ini," jelas Dani.

Jadi sisanya pada saat ini adalah 3.200-an orang yang masih belum mengambil alat STB.

"Sisa 3.200-an inilah yang belum mendapatkan STB di Jabodetabek. Jadi dari sisa ini, kami membuat posko untuk pengambilan bantuan STB," imbuh Dani.

Bagi masyarakat yang mengalami kendala atau ada masalah tentang STB, bisa menghubungi call center, yaitu 159 atau menghubungi nomor WhatsApp. Untuk Kota Depok, nomor WhatsAppnya adalah 082123816099. 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved