Teknologi

Kabar Gembira, Mulai Awal Tahun 2023, Konten YouTube Shorts Bisa Dimonetisasi

Country Head YouTube Indonesia Suwandi Widjaja mengatakan, bahwa mulai awal tahun 2023, fitur YouTube Shorts mulai bisa dimonetisasi. 

Wartakotalive.com/Mochammad Dipa
Country Head Youtube Indonesia Suwandi Widjaja mengatakan, mulai awal tahun 2023, fitur Youtube Shorts mulai bisa dimonetisasi.  

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Country Head YouTube Indonesia Suwandi Widjaja mengatakan, bahwa mulai awal tahun 2023, fitur Youtube Shorts mulai bisa dimonetisasi. 

Artinya, para konten kreator yang mengunggah video pendeknya di YouTube Shorts akan bisa menghasilkan uang.

"Mulai tahun depan, para kreator mempunyai peluang untuk monetisasi Youtube Shorts. Jadi kreator Youtube Shorts akan bisa menghasilkan uang di dalam platform Youtube mulai tahun depan," kata Suwandi dalam acara peluncuran program "Unlimited YouTube Shorts" dengan harga Rp 1 di Hard Rock Cafe Pacific Place, SCBD, Jakarta, Selasa (1/11/2022).

Terkait informasi detail mengenai monetisasi YouTube Shorts tersebut, Suwandi mengatakan pihaknya masih menunggu pengumuman resmi dari kantor pusat YouTube.

"Monetisasi YouTube Shorts akan terjadi di awal tahun depan, tanggalnya kami akan ununkan lebih detail lagi setealah ada penjelasan dari (Youtube) global," ungkapnya.

Hanya saja, menurut Suwandi, monetisasi di YouTube Shorts akan hadir dari AdSense atau iklan yang akan muncul diantara Shorts-Shorts yang ditonton.

"Pada dasarnya akan muncul iklan diantara Shorts yang satu dengan Shorts yang lainnya, dan itu nantinya akan dibagikan secara rata kepada kreator-kreator Shorts yang sudah berkarya di Shorts berdasarkan jumlah tampilan mereka," ujar Suwandi.

Sejak diluncurkan tahun lalu, YouTube Shorts mengalami pertumbuhan yang pesat. Dari data internal Youtube, dalam sehari ada sekitar 35 miliar view Youtube Short secara global.

Keberadaan YouTube Shorts juga dapat membantu channel YouTube meningkatkan jumlah subscriber. Data terbaru YouTube mengungkapkan, channel yang mengupload video shorts atau video berdurasi singkat dan video berdurasi panjang mengalami peningkatan waktu tonton dan pertumbuhan subscriber secara keseluruhan, dibandingkan dengan channel yang hanya mengupload video berdurasi panjang.

Sebagai informasi, YouTube Shorts adalah platform berbagi video berdurasi pendek yang ditawarkan oleh YouTube.

Platform ini menampung beragam konten seperti layanan utama YouTube, dalam bentuk penggalan video pendek dengan durasi maksimal hingga 60 detik. YouTube Shorts memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk dapat menikmati lebih banyak jenis video.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved