Universitas Indonesia

Alumni UI dan Guru Besar Peringati Hari Sumpah Pemuda Lewat Musikalisasi Puisi

Guru Besar dan alumni UI peringati Hari Sumpah Pemuda lewat Musikalisasi Puisi. Ini kata Sekretaris UI Agustin Kusumayati.

Penulis: Dodi Hasanuddin | Editor: Dodi Hasanuddin
Humas dan KIP UI
Alumni UI dan Guru Besar Peringati Hari Sumpah Pemuda Lewat Musikalisasi Puisi 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Alumni UI dan Guru Besar peringati Hari Sumpah Pemuda lewat Musikalisasi Puisi.

Universitas Indonesia memeringati Hari Sumpah Pemuda.  Untuk itu UI melalui Poetry Reading Society of Indonesia (PRSI) dan Poetry Reading and Writing Society of Indonesia (PRWSI) menyelenggarakan konser puisi.

Konser puisi tersebut bertajuk “Sumpah Pemuda dalam Karya dan Seni: Guru Besar dan Alumni Berpuisi” di panggung Makara Art Center (MAC) UI, pada Sabtu (29/10/2022).

Baca juga: Masyarakat Menyambut Baik Pemkot Depok Perbaiki Jalan Rusak Menuju UI

PRSI dan PRWSI merupakan suatu komunitas pembaca dan penulis puisi yang terdiri dari Guru Besar, para dosen baik yang masih aktif maupun purnabakti, serta alumni UI.

Sebanyak 30 pembaca puisi tampil dengan membawakan puisi hasil karya sendiri ataupun karya penyair lain.

Mereka terdiri dari sepuluh guru besar dari berbagai fakultas, dua dekan, mahasiswa dan alumni UI. Pembacaan puisi dibagi ke dalam lima topik, yaitu Pemudaku Pahlwanku, Satu Bangsa, Mana Sumpahmu, Berdiam Sepi, dan Kidung untuk Pemuda.

Selain merayakan hari bersejarah, kegiatan ini juga sejalan dengan lima Program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNMR), yaitu Gerakan Indonesia Bersatu.

Presiden PRSI dan PRWSI, Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.M., M.Sc., mengatakan, melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat melihat bagaimana Stovia berperan penting dalam lahirnya Sumpah Pemuda, yang merupakan cikal bakal dari Universitas Indonesia dan bagaimana sejarah bangsa Indonesia ke depannya.

"Tadi malam, Presiden Jokowi sudah membuka metaverse untuk Ibu Kota Negara (IKN) pada Hari Sumpah Pemuda. Di lain sisi, kita juga perlu terus untuk memperjuangkan budaya bangsa dan memastikan bahwa ke depannya rasa nasionalisme tetap bersemayam di dada setiap putra-putri Indonesia," kata Riri Fitri Sari.

Sementara itu, Sekretaris Universitas UI, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D., menyatakan bahwa 
memperingati salah satu tonggak penting dari sejarah panjang perjuangan bangsa Indonesia, yaitu terjadinya Sumpah Pemuda.

"Tentu saja tidak lepas dari kontemplasi panjang yang sama-sama kita lakukan. Perjuangan panjang ini patut kita kenang untuk kemudian kita ambil sari pelajarannya sehingga kita bisa menatap ke depan apa yang harus kita lakukan dan agar perjuangan panjang ini tidak sia-sia,” ujar dr. Agustin Kusumayati.

Sebagai penanda dimulainya kegiatan, Dr. Agustin menutup sambutannya lalu membawakan puisi yang berjudul “Gelombang Gelap” karya K.H. Mustofa Bisri.

Ia mengatakan, puisi ini dipilih sesuai dengan gejolak perasaannya ketika mengenang Sumpah Pemuda yang menjadi tonggak bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Orasi Budaya

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved