Polisi Tembak Polisi

12 Orang Termasuk Kamaruddin Simanjuntak akan Dipanggil jadi Saksi Sidang Bharada E

12 saksi termasuk kuasa hukum Brigadir J akan dipanggil dalam sidang lanjutan terdakwa Richard Eliezer alias Bharada E pada Selasa (25/10/2022) besok.

Penulis: Ramadhan L Q | Editor: Junianto Hamonangan
Akun YouTube Kompas TV
Bharada E menjalani sidang perdana sebagai terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (18/10/2022). Ada 12 orang saksi termasuk kuasa hukum Brigadir J Kamaruddin Simandjuntak akan dipanggil dalam sidang lanjutan pada Selasa (25/10/2022) besok. 

WARTAKOTALIVE.COM, KEBAYORAN BARU - Sebanyak 12 saksi akan dipanggil dalam sidang lanjutan dengan terdakwa Richard Eliezer alias Bharada E pada Selasa (25/10/2022) esok.

Mereka terdiri dari keluarga hingga kekasih almarhum Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J yang akan hadir di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

Adapun Kamaruddin Simanjuntak selaku kuasa hukum Brigadir J menjadi satu di antara 12 saksi yang bakal dihadirkan. Kamaruddin memastikan 12 saksi termasuk dirinya akan hadir langsung.

"Iya lah datang, semua datang tanpa terkecuali. Nggak ada (via Zoom), supaya keterangannya itu jelas," ujar dia, dalam keterangan yang diterima pada Senin (24/10/2022).

Baca juga: Terungkap, Saat di Rumah Saguling, Bharada E Berniat Suruh Brigadir J Kabur: Bang, Lari Bang!

Kamaruddin mengatakan, mereka rencananya akan tiba di Jakarta pada hari ini. Jelang bersaksi di persidangan, 12 saksi tengah mempersiapkan mental hingga mempelajari berkas perkara.

"Ya persiapannya persiapan mental dengan cara berdoa kepada Elohim supaya mereka dalam penyertaan dalam datang ke Jakarta maupun ketika bersaksi sampai pulang selamat kan gitu," katanya.

"Persiapan kedua, ya mempelajari berkas perkara yang sudah mereka pernah ucapkan," sambung Kamaruddin.

Sementara Kapuspenkum Kejaksaan Agung RI, Ketut Sumedana mengatakan, mekanisme terkait 12 saksi tersebut sudah dilindungi oleh undang-undang.

Baca juga: Dijadikan Kambing Hitam, Bharada E Murka, Ingin Segera Bertemu Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi

"Kalau itu sudah ada mekanismenya, kehadiran mereka dilindungi oleh UU, kita pantau secara tertutup," ujarnya.

Namun demikian, ia mengatakan bahwa pihaknya masih mengonfirmasi kehadiran 12 saksi itu.

"Saya masih konfirmasi. Kita siap berbagai alternatif untuk memeriksa saksi, karena itu kewajiban JPU untuk menghadirkan," kata Ketut.

Sebanyak 12 saksi yang akan dihadirkan pada sidang Selasa (24/10/2022) merupakan tahap awal. Total akan ada 61 saksi dalam perkara untuk terdakwa Bharada E. (m31)

Diketahui, sidang Bharada E akan dilanjutkan Selasa (25/10/2022) dengan menghadirkan 12 saksi. Adapun ke-12 saksi tersebut yakni:

1. Kamaruddin Simanjuntak;

2. Samuel Hutabarat;

3. Rosti Simanjuntak;

4. Mahareza Rizky;

5. Yuni Artika Hutabarat;

6. Devianita Hutabarat;

7. Novita Sari;

8. Rohani Simanjuntak;

9. Sangga Parulian;

10. Roslin Emika Simanjuntak;

11. Indrawanto Pasaribu;

12. Vera Maretha Simanjuntak.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved