Pj Gubernur DKI Jakarta

Heru Budi Hartono Pastikan Kapasitas Sungai di Pasar Baru Siap Hadapi Musim Hujan

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono tancap gas meninjau progres pembangunan peningkatan kapasitas sungai di Pasar Baru, Jakarta Pusat

Warta Kota/ Fitriyandi Al Fajri
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengunjungi progres pembangunan peningkatan kapasitas sungai di Pasar Baru, Jakarta Pusat, pada Selasa (18/10/2022) petang. Heru ingin memastikan kapasitas sungai maksimal hadapai musim hujan 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono tancap gas meninjau progres pembangunan peningkatan kapasitas sungai di Pasar Baru, Jakarta Pusat, pada Selasa (18/10/2022) petang.

Dalam peninjauan tersebut, Heru Budi Hartono didampingi Sekretaris DKI Jakarta Marullah Matali, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Afan Adriansyah Idris, Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Yusmada Faizal, serta Kepala Bidang Pengendalian Banjir dan Drainase Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Ika Agustin Ningrum.

Heru Budi Hartono mengatakan, kedatangannya ke sana untuk memastikan aliran air dari Pintu Air Ciliwung Lama di Manggarai ketika dioperasikan dapat terhubung dengan Kali Pasar Baru.

Selanjutnya, aliran air akan dialirkan ke arah laut maupun ke arah Pompa Pluit. Sehingga kata dia ketika hujan turun dapat menampung secara maksimal dan mencegah banjir.

“Lokasi ini adalah bagian dari infrastruktur pengendali banjir yang merupakan sistem tata air dari operasional Pintu Air Ciliwung Lama Manggarai,” kata Heru berdasarkan keterangan dari PPID DKI Jakarta pada Rabu (19/10/2022).

Heru berharap, melalui pembangunan tersebut mampu meminimalisir potensi genangan yang terjadi di kawasan Pasar Baru.

Baca juga: Heru Budi Hartono Cerita Ada PPSU Pernah Dimanfaatkan Jadi Staf Pribadi Lurah dan Camat

Kepala Sekretariat Presiden RI ini juga berpesan agar pembangunannya dapat selesai tepat waktu.

“Harapannya, melalui pekerjaan ini, dapat membantu mengatasi genangan di kawasan Pasar Baru dan sekitarnya. Pekerjaan agar diselesaikan secara tepat waktu dan perapihan pekerjaan agar segera dilaksanakan. Ketika pekerjaan selesai, diharapkan warga dapat membantu dengan cara membuang sampah pada tempatnya,” ungkap Heru Budi.

Perlu diketahui, pembangunan yang dilaksanakan saat ini adalah pekerjaan perkuatan tebing sepanjang 1,3 kilometer pada dua sisi kali.

Baca juga: Meja Aduan Era Ahok di Balai Kota DKI Dihidupkan Lagi oleh Heru Budi Hartono

Baca juga: Heru Budi Hartono Ingatkan ASN Pemprov DKI Jakarta Fokus Kerja dan Tidak Berpolitik

Kemudian, pengerjaan proyek ini ditargetkan rampung pada bulan Desember 2022. Anggaran pekerjaan ini juga dibiayai oleh anggaran PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional).

Adapun item pekerjaan selain dinding penahan tanah, juga pembangunan saluran serta pembangunan pompa pengendali banjir. (faf)

 

 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved