Kenaikan Harga BBM

Nelayan Cilacap Senang Dapat Kupon Voucher BBM untuk Melaut

Nelayan Cilacap diberikan sebuah kupon untuk ditukarkan dengan satu jerigen bensin.

Editor: Ahmad Sabran
HO
Nelayan Cilacap mendapat Voucher BBM, Selasa (4/10/2022) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Para nelayan di Cilacap, Jawa Tengah mendapat voucher BBM dari Relawan UKM Sahabat Sandi, Selasa (4/10/2022).

Program voucher BBM untuk para nelayan ini dilakukan demi mengurangi beban para nelayan

Pasalnya, 60 persen biaya produksi yang harus dikeluarkan nelayan adalah untuk BBM. Sehingga ketika kenaikan harga BBM akan berdampak terhadap penurunan pendapatan nelayan.

Perwakilan UKM Sahabat Sandi Cilacap, Vienkan mengatakan, program subsidi BBM yang diberikan kepada nelayan sangat tepat sasaran dan bantu bangkitkan ekonomi para nelayan.

Ia mengtakan, nelayan merupakan masyarakat kecil yang berkontribusi dalam mencukupi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia.

Baca juga: Sidang Gugatan Cerai Bupati Purwakarta vs Dedi Mulyadi Cuma 5 Menit, Mediasi Ditunda 19 Oktober

"Jadi ketika memberikan ini, dari UKM Sahabat Sandi menurut saya program pak sandi sangat tepat sasaran, karena bisa meringankan para nelayan dalam menghemat bahan bakar serta membangkitkan ekonomi para nelayan," ujar Vienkan saat ditemui di lokasi, Senin (3/10/2022).

Vienkan menjabarkan mekanisme pemberian BBM murah kepada nelayan. Dia mengatakan, nelayan diberikan sebuah kupon untuk ditukarkan dengan satu jerigen bensin.

"Mereka nanti dikasih voucher senilai 50 ribu lalu ditukarkan dengan uang sepuluh ribu,kemudian nanti mereka membawa dirijen kepada pom untuk diisi bahan bakar dengan kurang lebih 4 liter yang diberikan," paparnya.

Baca juga: Survei KPN, Masyarakat Ingin Politik Identitas Berakhir di Kepemimpinan Anies Baswedan

Melihat berbagai terobosan itu, Vienkan bersama perkumpulan nelayan di Cilacap menegaskan dukungannya terhadap pencalonan Sandiaga Uno sebagai presiden di 2024. Hal ini karena Sandiaga merupakan sosok yang peduli dan turut membantu perekonomian masyarakat Indonesia.

"Pak Sandi itu sosok yang sangat inspiratif dan kedua memang sosok yang memang konsen pada pemulihan ekonomi nasional, sehingga dengan adanya kegiatan ini sangat tepat. Apalagi pak sandi di 2024 jika mencalonkan sebagai presiden, kita sangat mendukung," jelasnya.

Baca juga: Amanat Jokowi di Peringatan ke-77 Hari TNI: Bersikap dan Bertindaklah Secara Profesional

Perwakilan nelayan yang juga penerima manfaat, Eko Romaniyanto mengatakan, program BBM murah yang diberikan oleh UKM Sahabat Sandi sangat membantu nelayan. Sebab, dirinya dapat menghemat operasional saat melaut.

"Perasaan saya senang dan bahagia karena mendapat subsidi 10 ribu dapat BBM satu dirijen, semoga kelanjutannya masih ada dari permintaan nelayan," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved