Kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya, Anies Baswedan Resmikan Rusun Polri Menteng

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Rusun Polri Menteng, Jakarta Pusat sebagai bentuk kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya.

Warta Kota/Leonardus Wical Zelena Arga
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Rusun Polri Menteng, Jakarta Pusat sebagai bentuk kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya. 

WARTAKOTALIVE.COM, MENTENG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta menyediakan hunian berkualitas dan terjangkau bagi anggota Polri atau ASN Polri.

Hunian berkualitas tersebut dikhususkan bagi anggota Polri atau ASN Polri di wilayah DKI Jakarta yang belum memiliki rumah melalui berbagai program perumahan dan permukiman. 

Salah satunya yaitu dengan peremajaan permukiman melalui penyediaan hunian Rumah Susun (Rusun) Polri Menteng untuk menggantikan Asrama Polisi Polsek Menteng.

Peresmian oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan itu dilakukan sekaligus serah terima rusun Polri, pada Selasa (4/10/2022) di Jalan Sutan Syahrir Nomor 1, RT 07 RW 02, Kelurahan Gondangdia, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Anies juga menandatangani prasasti yang menandakan babak baru hunian Asrama Polri Menteng yang disaksikan Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Hendro Pandowo .

Ia mengatakan bahwa peresmian hunian tersebut sebagai wujud kolaborasi yang telah terjalin antara Pemprov DKI Jakarta dengan Polda Metro Jaya. 

Maka, diharapkan kerja sama saling topang ini memiliki keberlanjutan di masa yang akan datang.

Baca juga: Bekasi Dilanda Banjir Malam Ini, Berikut Ini 8 Titik Banjir Terparah, Paling Banyak di Pondok Gede

"Asrama Polri Menteng ini meskipun secara administrasi dianggap sebagai hibah, namun sebenarnya adalah hasil pajak rakyat, dan ini adalah amanat dari rakyat agar dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat," ujar Anies saat sambutan.

Anies menjelaskan, walaupun kapolres dan wali kota bisa gonta-ganti, begitu juga kapolda dan gubernur, namun menurutnya dua institusi tersebut harus terus-menerus saling topang dan mendukung.

Anies pun mengatakan bahwa kolaborasi itu terwujud karena memiliki peranan dan tanggung jawab bersama dalam melayani masyarakat.

Khususnya, polisi berperan dalam melindungi warga, yang kewajibannya memberikan rasa keamanan, ketentraman. Hal itu hanya bisa dikerjakan dengan kerja sama antara dua institusi tersebut.

Rumah Susun Hibah Polri, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat
Rumah Susun Hibah Polri, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat (Warta Kota/Leonardus Wical Zelena Arga)

"Jadi kami sampaikan kepada semua bahwa apa yang sudah terjadi selama ini adalah sebuah kolaborasi yang luar biasa. Ketika Pemprov membutuhkan sesuatu, Polda datang turun tangan membantu. Sebaliknya, ketika Polda membutuhkan (hunian), maka Pemprov DKI Jakarta datang turun tangan membantu," ucap Anies.

Ia berharap, ke depannya kolaborasi tersebut dapat terus diwujudkan dan dijalankan dengan sebaik mungkin.

Sebagai informasi, program Rusun Polri Menteng dilaksanakan dengan konsep rancang bangun serta kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta bersama Kepolisian Daerah Metro Jaya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved