Program Bercocok Tanam di Sekolah, Upaya Pemuda Tani Indonesia Jaga Keberlanjutan Ilmu Pertanian

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyambut positif niat dari Pemuda Tani Indonesia (PTI) terkait program bercocok tanam di lahan sekolah. 

Warta Kota/Indri Fahra Febrina
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyambut positif niat dari Pemuda Tani Indonesia (PTI) terkait program bercocok tanam di lahan sekolah.  

WARTAKOTALIVE.COM, PALMERAH - Organisasi Pemuda Tani Indonesia (PTI) berniat untuk meningkatkan niat bercocok tanam di kalangan generasi penerus bangsa. Adapun caranya dengan memberi edukasi pelajar melalui program bercocok tanam di lahan sekolah.

Ketua DPD PTI DKI Jakarta Yudha Permana mengungkapkan, pihaknya akan menggandeng Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk menemukan lahan sekolah yang bisa digunakan bercocok tanam.

"Kita akan kolaborasi yang target utama kita ke Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Kita ingin di sekolah-sekolah yang ada di DKI Jakarta ada lahan-lahan terbukanya. Kita ingin manfaatkan supaya lahan-lahan tersebut bisa produktif dan bisa menghasilkan hasil pertanian. Jadi kita didik sejak dini," ujar Yudha di Hotel Peninsula, Palmerah, Jakarta Barat pada Sabtu (1/10/2022). 

Yudha menyebut, lahan kosong di sekolah bisa ditanami pokcoy, wortel, cabai, jamur dan lainnya secara hidroponik. Sehingga, masyarakat lingkungan sekolah bisa mudah merawat sekaligus menikmati hasilnya. 

Nantinya, PTI bakal bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta untuk mendapatkan bibit tumbuhan.

Baca juga: Ratusan Orang Tewas di Tragedi Kanjuruhan, Ibas Pertanyakan SOP Polisi, Minta Segera Diusut Tuntas

"Pertama, kita akan ketemu dulu kita ingin nanti datang ke sekolah-sekolah mana yang kita bisa kolaborasi. Kalau diizinkan, kita akan cari sekolah-sekolah yang lahan terbukanya agak luas. Nanti PTI akan kerjasama di situ," kata Riza. 

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyambut positif niat PTI ihwal bercocok tanam di lahan sekolah. 

Riza berujar, kegiatan bercocok tanam di sekolah menjadi solusi dari minimnya lahan kosong di ibu kota. 

"Pemerintah memberikan juga kepada pertanian subsidi pupuk berbagai insentif. (Masalah besaran) itu pemerintah pusat, kebijakan, subsidi, dukungan kepada petani kebijakan pemerintah pusat. Dengan KPKP (masalah bibit)," kata Riza. (M35)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved