Breaking News:

Kemenparekraf dan Kementerian BUMN Janji Bakal Beri Pinjaman Modal Bagi Kaum Wanita Hingga Rp 4 Juta

Sandiaga Uno dan Erick Thohir menyatakan siap untuk beri pinjaman modal untuk kaum wanita di Indonesia hingga Rp 4 juta.

Editor: Panji Baskhara
Dok Kredivo via Kompas.com
Ilustrasi: Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (Sandiaga Uno) dan Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan siap untuk beri pinjaman modal untuk kaum wanita di Indonesia hingga Rp 4 juta. 

WARTAKOTALIVE.COM - Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM kerap disebut sebagai ujung tombak perekonomian nasional.

Maka dari itu, sangat tak mengherankan apabila ekonomi negara Indonesia cepat kembali pulih setelah dilanda pandemi Covid-19.

Kaum perempuan juga jadi garda terdepan dalam menggerakan UMKM tersebut.

Untuk itu bersama dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno (sandiaga Uno) dengan Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan akan memberikan pemodalan kepada para perempuan.

Hal itu disampaikan Erick Thohir di depan ribuan perempuan pelaku UMKM saat ikuti Rakernas Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) 2022.

"Sebenarnya, kami BUMN sudah lama punya program yang sangat signifikan dan kuat, yaitu PM Mekar. Bantu permodalan kepada ibu-ibu ultra mikro di desa-desa"

"Ada pinjaman modal Rp 1 juta sampai Rp 4 juta, jumlah nasabahnya sudah 12,6 juta orang, dan kami akan dorong terus sampai 20 juta nasabah," ungkap Erick Thohir, pada Kamis (29/9/2022).

Erick Thohir meyakini pengusaha atau pelaku UMKM perempuan sangat teliti dan mampu bangkitkan ekonomi keluarga di berbagai daerah.

Sehingga, secara bersamaan mampu meningkatkan ekonomi nasional.

"Ini potensi yang luar biasa, bahwa ekonomi Indonesia akan terus tumbuh 5 persen ke depan. Saya berharap, IWAPI - BUMN bisa bersinergi," sambungnya.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Sandiaga Uno juga mengatakan sudah saatnya IWAPI membangkitkan ekonomi melalui digitalisasi.

"Inilah, tulang punggung 75 persen dari ekonomi kreatif kita dan memanfaatkan teknologi platform digital."

"Lalu, 60 persen dari usaha ibu-ibu, dibantu oleh konten-konten kreatif, dan sekarang Indonesia merangsek posisi 3 besar dunia dari ekonomi kreatif," ungkap Sandiaga Uno.

Dia memastikan Kemenparekraf akan secara sukarela gandeng ribuan anggota IWAPI untuk melek digitalisasi, demi memasarkan produk ekonomi kreatif.

"Kita bisa pulih kalau IWAPI bekerja sama dengan kami up-skilling, re-skilling dan new-skilling. Kami punya beberapa program,"

"Mulai dari Kata Kreatif, Apresiasi Kreasi Indonesia, Widuri, Wirausaha Digital dan Mandiri. Nanti kami gerakan cinta dan bangga produk lokal," ungkap Sandiaga Uno.

(Wartakotalive.com/CC)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved