Berita Jakarta

Peringati Hari Rabies Sedunia, Sudin KPKP Jakarta Timur Gelar Vaksin Rabies Gratis

Meramaikan Hari Rabies Sedunia, Sudin KPKP Jakarta Timur gelar vaksin rabies untuk warga tanpa dipungut biaya, Rabu (28/9/2022)

Penulis: Rendy Rutama | Editor: Dian Anditya Mutiara
Wartakotalive/Rendy Rutama Putra
Dalam rangka peringatan Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day) tepat pada Rabu (28/9/2022), Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) menggelar vaksin rabies gratis di halaman Gedung Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, Penggilingan, Jakarta Timur. 

WARTAKOTALIVE.COM, PENGGILINGAN - Ikut serta memperingati Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day) tepat pada Rabu (28/9/2022), Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) menggelar vaksin rabies gratis di halaman Gedung Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, Penggilingan, Jakarta Timur.

Agenda yang digelar sejak sekira pukul 08.00 WIB ini juga bersifat umum, dan tidak hanya dari warga Jakarta Timur saja.

"Ini dalam rangka memperingati hari rabies internasional. Kita mengadakan vaksinasi kepada hewan peliharaan contohnya kucing dan anjing tadi ada juga musang," kata Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, Muhammad Anwar, Rabu (28/9).

Anwar juga menambahkan, agenda vaksin rabies ini juga memiliki kuota maksimal.

Baca juga: Sudin KPKP Jakarta Selatan Gelar Vaksinasi Rabies Gratis Selama Agustus 2022

Apabila melewati batas tersebut, gelaran vaksin langsung ditutup.

Namun, apabila hal itu terjadi, kedepannya jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) akan menggelar kembali agenda serupa, dan mengadakan evaluasi sesudah acara hari ini.

Dalam rangka peringatan Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day) tepat pada Rabu (28/9/2022), Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) menggelar vaksin rabies gratis di halaman Gedung Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, Penggilingan, Jakarta Timur.
Dalam rangka peringatan Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day) tepat pada Rabu (28/9/2022), Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) menggelar vaksin rabies gratis di halaman Gedung Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, Penggilingan, Jakarta Timur. (Wartakotalive/Alfian Firmansyah)

"Karena yang rawan kan masyarakat, jangan sampai masyarakat digigit dan sebagainya, kemudian kita ini siapkan kuotanya 100 di Kantor Wali Kota," lugasnya.

Melihat antusiasme masyarakat yang diluar ekspektasi, Anwar mengungkapkan akan menggelar secara rutin vaksin rabies seperti ini.

Tentunya berjangka sesuai periode vaksin rabies seusai diberikan.

"Mungkin setiap triwulan atau enam bulan. Dilihat nanti situasinya kalau banyak yang pelihara, kita lakukan," pungkasnya.

Baca juga: Sudin KPKP Jaksel Suntik Puluhan Hewan Penular Rabies di Pasar Barito

Namun, tidak semua hewan dapat mendapatkan vaksin secara langsung, tentu terlebih dahulu pihak dokter memeriksa terkait kondisi kesehatan binatang tersebut.

Apabila hewan yang datang mengalami sakit, antara lain seperti flu dan diare, tidak diperkenankan diberikan vaksin, melainkan hanya diberikan obat.

Syarat lainnya yakni melihat dari batas usia, apabila masih dibawa empat bulan, hewan tersebut juga tidak diperkenankan untuk diberikan vaksin.

Perlu diketahui, pemberian vaksin dengan nama medis Neo Rabivet ini juga memiliki prosedur.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved