Pilpres 2024

Pernyataan SBY Soal Pemilu 2024 Berpotensi Tak Jujur Dinilai Manuver Amankan AHY Jadi Cawapres

Ujang pun merinci peta koalisi menuju Pemilu 2024. Menurut Ujang, posisi AHY akan aman jika ada tiga atau empat koalisi yang terbangun.

Editor: Yaspen Martinus
Instagram @agusyudhoyono
Pernyataan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menyebut ada tanda-tanda Pemilu 2024 bisa tidak jujur dan tidak adil, dinilai manuver untuk mengamankan putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sebagai calon wakil presiden (cawapres). 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Pernyataan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menyebut ada tanda-tanda Pemilu 2024 bisa tidak jujur dan tidak adil, dinilai manuver untuk mengamankan putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Hal itu disampaikan pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin, saat dihubungi Tribunnews, Senin (19/9/2022).

Ujang menyebut, jika memang benar komposisi pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024 hanya diikuti dua pasang seperti yang dikatakan SBY, hal itu akan menutup peluang AHY berkontestasi di Pilpres 2024.

Baca juga: Kabareskrim Bantah Ferdy Sambo Nikahi Si Cantik Seperti yang Dibilang Kamaruddin Simanjuntak

"Ya, bisa jadi pertama mengamankan AHY agar bisa nyapres, artinya minimal jadi cawapres, kalau berat jadi capres."

"Kalau dua pasang itu kemungkinan AHY untuk jadi cawapres itu kecil tertutup, enggak ada."

"Tapi kalau tiga empat pasang, maka peluang AHY bisa menjadi cawapres minimal itu terbuka lebar."

Baca juga: Irwasum Komjen Agung Budi Maryoto Pimpin Sidang Banding Pemecatan Ferdy Sambo, Dituntaskan Hari Ini

"Kalau dua pasangan calon, selesai Demokrat, atau AHY tidak akan menjadi pasangan cawapres," ulasnya.

Ujang pun merinci peta koalisi menuju Pemilu 2024. Menurut Ujang, posisi AHY akan aman jika ada tiga atau empat koalisi yang terbangun.

"Kalau ada tiga atau empat pasangan calon, ada PDIP sendiri, lalu ada KIB, ada KIR, yakni Gerindra-PKB, dan koalisi Nasdem, Demokrat, PKS, maka peluangnya AHY bisa menjadi cawapresnya Anies di Nasdem, Demokrat, PKS."

"Oleh karena itu, sekuat tenaga SBY berusaha untuk mengamankan, bermanuver agar AHY bisa menjadi cawapres, mungkin pernyataan itu bagian dari strategi untuk itu," beber Ujang.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved