AKBP Jerry Raymond Siagian Dapat Bantuan Hukum, Napoleon: Saya Tidak Pernah Tuh Dibela Polri

AKBP Jerry dipecat dari Polri, karena tidak profesional menangani kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Editor: Yaspen Martinus
Istimewa
Polda Metro Jaya berniat memberikan bantuan hukum kepada AKBP Jerry Raymond Siagian, bekas Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Polda Metro Jaya berniat memberikan bantuan hukum kepada AKBP Jerry Raymond Siagian, bekas Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum.

AKBP Jerry dipecat dari Polri, karena tidak profesional menangani kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Menanggapi itu, Irjen Napoleon Bonaparte, terdakwa kasus penganiayaan terhadap M Kece, menilai hal itu bukan bentuk perlawanan terhadap Polri.

"Setiap anggota Polri itu berhak mendapatkan bantuan hukum yang disiapkan oleh kepolisian, diwakili oleh Divisi Hukum Polri," kata Napoleon usai sidang vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (15/9/2022).

Bekas Kadiv Hubinter Polri itu mengatakan, semua polisi yang terjerat kasus hukum, berhak mendapatkan bantuan hukum, termasuk dirinya yang tersandung kasus menganiaya M Kece dan penghapusan red notice Djoko Tjandra.

Namun, kata Napoleon, saat dirinya terjerat dalam dua kasus tersebut, tidak ada bantuan hukum dari Polri kepadanya.

Baca juga: AHY Bilang SBY Juga Banyak Bangun Infrastruktur, Jokowi Tinggal Gunting Pita

"Jangankan Jerry, semua juga punya hak untuk itu, termasuk saya juga punya hak dibela."

"Masalahnya saat saya perkara pertama dan sekarang, tidak ada tuh pembelaan dari Polri, dari Divisi Hukum sebagai penasihat hukum saya," bebernya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menyatakan siap memberikan bantuan hukum kepada AKBP Jerry Raymond Siagian.

Baca juga: Effendi Simbolon Tunjukkan Pesan WhatsApp yang Tak Dibalas Jenderal Dudung, Ada Love dan Merah Putih

"Polda Metro Jaya sebagai Polda di mana yang bersangkutan pernah berdinas, walaupun sudah ada TR pemindahan menjadi Pamen Yanma Mabes Polri."

"Tetapi Polda Metro Jaya akan siap memberikan bantuan hukum, manakala yang bersangkutan membutuhkan dalam proses selanjutnya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, Senin (12/9/2022).

Dia menuturkan, terkait keputusan banding yang diajukan AKBP Jerry, Polda Metro Jaya menyerahkan sepenuhnya kepada yang bersangkutan.

Baca juga: Divonis 5,5 Bulan Bui, Napoleon Bonaparte: Allah Sedang Menyelamatkan Saya dari Kekufuran

"Adanya putusan PTDH yang dijatuhkan kepada mantan Wadirkrimum Polda Metro Jaya Saudara Jerry Siagian, dalam hal ini sikap Polda Metro Jaya adalah mengembalikan kepada yang bersangkutan."

"Karena dalam putusan tersebut, juga ada hak untuk menyampaikan banding dan sebagainya," beber Zulpan. (Naufal Lanten)

Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved