Berita Video

VIDEO Aksi Unjuk Rasa BEM SI Memanas, Saling Mendorong Hingga Lempar Botol

Sekira pukul 14.50 WIB, ratusan mahasiswa ini berhasil membobol langsung dua lapis kawat berduri yang terpasang di Kawasan Patung Kuda.

Penulis: Alfian Firmansyah | Editor: Fredderix Luttex

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Semenjak pemerintah resmikan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) adanya gejolak dari elemen mahasiswa yang lakukan aksi unjuk rasa.

Diketahui, aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (15/9/2022).

Pantauan Wartakotalive.com, sekira pukul 14.50 WIB, ratusan mahasiswa ini berhasil membobol langsung dua lapis kawat berduri yang terpasang di Kawasan Patung Kuda.

Terpantau juga, massa bagian belakang melempari kemasan minuman hingga sampah-sampah ke arah barikade Polisi

Selain itu, pihak kepolisan yang berjaga tersulit emosi akhirnya turut saling dorong mendorong dengan para mahasiswa yang ingin menerobos border yang dipasang.

Kemudian, aksi saling dorong pun tak terhindarkan hingga mengakibatkan kericuhan.

"Tolong kembalikan teman saya, jangan ditangkap, kami tunggu disini," ujar mahasiswa di mobil komando.

Koordinator Pusat BEM SI Muhammad Yuza menjelaskan, terkait kehadiran para mahasiswa dari seluruh Indonesia, karena tidak ada jawaban terkait aksi unjuk rasa yang dilakukan pada 8 September 2022.

Baca juga: Protes Harga BBM, Massa dari BEM SI Bongkar Kawat Berduri dan Beton demi Bisa Merangsek ke Istana

" Tapi pada hari ini dari waktu yang sudah diberikan pada tanggal 15 September 2022 tidak ada jawaban, dan itikad baik sama sekali, sampai pada akhirnya, kami BEM SI hadir mengajak seluruh wilayah seluruh indoensia untuk menyampaikan aspitasi masyarakat didepan istana," Ujar Yuza saat aksi unjuk rasa berlangsung di Kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat, Kamis (15/9/2022).

Sementara, saat aksi unjuk rasa di Patung Kuda sedang berlangsung, pihak istana Kepresidenan pun menghampiri ke lokasi.

Baca juga: Aksi Unjuk Rasa di Kawasan Patung Kuda Ricuh, Massa BEM SI Saling Dorong dengan Polisi

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Abraham Wirotomo menjelaskan, terkait kenaikan BBM yang diresmikan pemerintah bukan hal keputusan yang mudah.

"Pemerintah sudah berupaya luar biasa, untuk menjaga harga bbm di Indonesia itu tidak naik, namun dengan situasi dunia yang sedang tidak normal, maka dengan ini sedang dilakukan penyesuaian," ujar Abraham

Akhirnya, sekira pukul 17.00 WIB, ratusan mahasiswa yang lakukan aksi unjuk rasa terkait kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di Patung Kuda, membubarkan diri.

Baca juga: Terobos Kawat Berduri, Aksi Unjuk Rasa BEM SI dan GMNI Berpotensi Timbulkan Kerusuhan

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin sampaikan, bahwa aksi unjuk rasa berjalan tertib, aman dan tanpa kendala yang berarti.

"Alhamdulillah demo hari ini di wilayah Jakarta Pusat, tersebar di beberapa trik, cuma yang terkait dengan masalah bbm hanya di patung kuda, di sini pun ada beberapa eleman yang tergabung dalam BEM SI," tutur Komarudin.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved