Berita Bekasi

Bogasari Operasikan PLTS dengan Konsep Green Industry

Bogasari akan terus mendukung berbagai program industri hijau yang berguna untuk keberlanjutan usaha dan lingkungan hidup sekitar

Penulis: M Nur Ichsan Arief | Editor: Alex Suban
wartakotalive.com/nur ichsan
Bogasari resmikan operasional pembangkit listrik tenaga surya yang ramah lingkungan 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Bogasari makin gencar menjalankan konsep Green Industry atau Industri Hijau sudah menjadi komitmen PT Indofood Sukses  Makmur Tbk Divisi Bogasari. Salah satunya adalah pemanfaatan energi baru terbarukan yakni pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di pabrik Cibitung, Kabupaten Bekasi, yang mulai diresmikan pengoperasiannya pada Jumat (9/9/2022). 

bogasari plts1
Peresmian Operasional Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Bogasari Cibitung dipimpin Bobby Ariyanto, SPV Manufacturing Divisi Bogasari, Jumat (9/9/2022).

“Kini Bogasari resmi menjadi pabrik tepung terigu pertama di Indonesia yang sudah memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energi baru terbarukan yang ramah lingkungan,” kata Bobby Ariyanto, Senior Vice President Manufacturing Divisi Bogasari saat meresmikan pengoperasian PLTS pabrik Bogasari di kawasan Industri MM 2100  Cibitung, Kabupaten Bekasi. 

Dengan dioperasikannya PLTS ini sekaligus menjadi pilot project untuk 3 pabrik Bogasari lainnya yang berlokasi di Jakarta, Surabaya dan Tangerang.

Baca juga: 150 UKM Mitra Bogasari Belajar Kelola Keuangan

Baca juga: Apresiasi 50 Tahun Bogasari Terhadap UKM, Tukang Roti Kaget Dapat 50 Gram Emas 

bogasari plts2
Sebanyak 2.274 unit solar cell dengan luas 4.600 meter persegi telah dipasang Bogasari pabrik Cibitung di atap gudang terigu dan gudang pakan ternak)

Hal ini dilakukan untuk menekan tingkat pemanasan global sekaligus menghemat biaya listrik serta mendukung mendukung Gerakan Nasional Sejuta Surya yang dikampanyekan Pemerintah.

Sebanyak 2.274 unit solar cell dengan luas 4.600 meter persegi telah dipasang Bogasari pabrik Cibitung di atap gudang terigu dan gudang pakan ternak). Solar panel ini langsung digunakan untuk line produksi yaitu Mill A dan Mill B.

bogasari plts3
Pemasangan dan pengelolaan PLTS di Bogasari Cibitung bekerja sama dengan PT Cikarang Listrindo selaku perusahaan pembangkit listrik swasta di Kawasan Industri MM2100 Cibitung, Kabupaten Bekasi

“Kapasitas terpasang PLTS di pabrik Bogasari Cibitung ini sebesar 1 megawatt-peak (MWp), sehingga bisa menghasilkan penghematan energi sebesar 1.112.133 kilowatt-hour (kWh) per tahun. Dengan kata lain nilai penghematan pengeluaran energi yang didapat setara dengan Rp 390 juta per tahun,” jelas Bobby.

Simak Video Pelatihan Membuat Kue Oleh Bogasari :

Pemasangan dan pengelolaan PLTS di Bogasari Cibitung bekerja sama dengan PT Cikarang Listrindo selaku perusahaan pembangkit listrik swasta di Kawasan Industri MM2100 Cibitung, Kabupaten Bekasi.

bogasari plts4
Dengan adanya produksi energi listrik bersih dari penggunaan PLTS ini maka Bogasari sudah melakukan pengurangan karbon dioksida ekuivalen 945.313 kg

Dengan adanya produksi energi listrik bersih dari penggunaan PLTS ini maka Bogasari sudah melakukan pengurangan karbon dioksida ekuivalen 945.313 kg atau setara konsumsi listrik lebih dari 1000 rumah ( pada daya terpasang 900 Volt-Ampere per rumah).

Setelah pemanfaatan energi baru terbarukan di Cibitung berjalan minimal 1 tahun, maka akan dilanjutkan di 3 pabrik Bogasari lainnya secara bertahap. 

bogasari plts5
Bogasari akan terus mendukung berbagai program industri hijau yang berguna untuk keberlanjutan usaha dan lingkungan hidup sekitar

“Pada intinya Bogasari akan terus mendukung berbagai program industri hijau yang berguna untuk keberlanjutan usaha dan lingkungan hidup sekitar,” pungkas Bobby.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved