Haornas 2022

Supaya Terbiasa dengan Suasana IKN Nusantara, Haornas ke-39 di Digelar di Stadion Batakan Balikpapan

Kemenpora akan menyelenggarkan Haornas Haornas ke-39 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Penulis: Abdul Majid | Editor: Sigit Nugroho
Tribunnews/Abdul Majid
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan menggelar Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 yang jatuh pada 9 September 2022.

Rencananya penyelenggaran Haornas itu akan diselenggarakan di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Menpora Zainudin Amali mengatakan bahwa Stadion Batakan dipilih menjadi tempat perayaan, karena menurutnya tempat tersebut tak jauh dari calon Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Ya, kenapa kami pilih di Balikpapan, Kalimantan Timur, karena itu kan berdekatan dengan kota negara nanti sehingga kita mulai membiasakan diri dengan suasana yang ada di sana,” kata Zainudin.

Baca juga: Sambut HAORNAS, Ratusan Jurnalis Tanding di 3 Cabor Journalist Games 2022

Baca juga: Hadiri Peringatan Haornas, Ganjar Disambut Tarian Khas Papua

Baca juga: Menpora: Peringatan Haornas ke-38 Angkat Tema Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju

“Kegiatannya yang seperti biasa. Kami juga menampilkan atraksi-atraksi, baik dari olahraga prestasi, olahraga pendidikan, maupun olahraga masyarakat gabungan dari itu. Sebelumnya, didahului beberapa kegiatan apakah itu lari dan kegiatan lain-lain ya,” tutur Zainudin.

Zainudin berharap, perayaan Haornas bisa berlangsung di daerah-daerah lainnya, karena merupakan salah satu sejarah Indonesia.

Seperti diketahui, gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama kali yang diadakan di Kota Solo pada 9-14 September 1948 jadi awal mula perayaan Haornas dirayakan setiap tanggal 9 September.

BERITA VIDEO: ART Ferdy Sambo Lihat Putri Candrawathi Nangis di Kamar Mandi Saat di Magelang

“Saya berharap di daerah-daerah karena ini merupakan hari bersejarah untuk Indonesia kan kita tahu 9 september itu adalah PON pertama kita pada tahun 1948. Kita baru empat tahun merdeka tapi sudah bisa melaksanakan kegiatan, itu juga diakui dunia internasional dan menyatakan bahwa kita merupakan negara yang sudah merdeka,” jelas Zainudin.

Zainudin memastikan pelaksanaan Haornas ke-39 tahun 2022 di Stadion Batakan, Balikpapan akan berlangsung dengan sangat meriah dibanding dua perayaan sebelumnya yang hanya diadakan di dalam ruangan.

“Nanti kita lihat saja apa yang akan ditampilkan seperti apa pelaksanaannya, tapi yang pasti karena ini dilaksanakan di ruang terbuka maka saya kira akan lebih meriah dan dilaksanakan di malam hari,” terang Zainudin.

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved