Kenaikan Harga BBM

Ini Pemilik SPBU Vivo yang Jual Bensin Lebih Murah dari Pertalite, serta Penjelasan Pertamina

SPBU Vivo jual BBM jenis Revvo 89 dengan research octane number (RON) 89 seharga Rp8.900 perliter. Pertalite dengan RON 90 dijual Rp.10 ribu perliter

otomotifnet
SPBU vivo. SPBU Vivo menjual BBM jenis Revvo 89 seharga Rp 8.900 per liter. BBM ini memiliki research octane number (RON) 89. Sementara BBM Pertamina yang nilai oktannya hampir setara dengan Revivo 89 adalah Pertalite dengan RON 90. Harga Pertalite baru saja dinaikkan Pemerintah dari Rp 7.000 per liter menjadi Rp 10.000 per liter mulai pukul 14.30 WIB, Sabtu (3/9/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Pemerintah mengambil keputusan menaikkan harga BBM. Harga BBM terbaru yang dijual Pertamina mulai berlaku per Sabtu 3 September 2020, pukul 14.30 WIB. 

Harga Pertalite mengalami kenaikan jadi Rp 10.000 per liter dari sebelumnya dipatok Pertamina sebesar Rp 7.650 per liter. Kebijakan harga BBM naik juga berlaku untuk BBM subsidi lainnya, Solar yang naik menjadi Rp 6.800 dari Rp 5.150 per liter.

Di tengah pengumuman kenaikan harga BBM terbaru yang dijual di SPBU Pertamina, di dunia maya, ramai soal pembahasan harga BBM jenis yang dijual seharga Rp 8.900 per liter. BBM tanpa subsidi dengan harga lebih murah dari harga Pertalite itu dijual oleh jaringan SPBU milik perusahaan swasta, SPBU Vivo.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menjelaskan, perbedaan harga tersebut karena beberapa hal.

Menurut dia, harga SPBU milik swasta harus mengikuti formula batas atas yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"BBM yang dijual oleh Vivo merupakan jenis bahan bakar umum, sehingga masing masing badan usaha yang menentukan harga ecerannya sesuai dengan formula batas atas yang ditentukan Kementerian ESDM," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (4/9/2022).

Baca juga: Dibanding Pertalite, Harga BBM Vivo Revvo 89 Cuma Rp 8.900, Ini Daftar Lokasi SPBU Vivo di Jakarta

Sementara BBM Pertamina dalam hal ini jenis Pertalite, lanjut Irto, mengandung bahan bakar khusus sehingga harga jualnya menjadi kewenangan pemerintah.

"BBM Pertamina Pertalite merupakan jenis bahan bakar minyak khusus penugasan yang harganya sudah ditentukan oleh pemerintah dan harganya sama di seluruh Indonesia," ucap dia.

SPBU Vivo menjual BBM jenis Revvo 89 seharga Rp 8.900 per liter. BBM ini memiliki research octane number (RON) 89.

Sementara BBM Pertamina yang nilai oktannya hampir setara dengan Revivo 89 adalah Pertalite dengan RON 90. Harga Pertalite baru saja dinaikkan Pemerintah dari Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10.000 per liter mulai pukul 14.30 WIB, Sabtu (3/9/2022).

Pemilik SPBU Vivo

Jaringan SPBU Vivo berada di bawah bendera PT Vivo Energy Indonesia, perusahaan sektor hilir minyak dan gas bumi, yang resmi beroperasi di Indonesia sejak tahun 2017 lalu.

Awalnya perusahaan ini bernama PT Nusantara Energi Plant Indonesia (NEPI), namun kemudian berganti menjadi PT Vivo Energy Indonesia. 

Meski namanya hampir serupa dengan merek ponsel asal China, secara kepemilikan, perusahaan penyalur BBM ini sejatinya masih terafiliasi dengan Vitol Group, raksasa minyak yang berbasis di Swiss.

Baca juga: Harga Pertalite Merek Vivo Lebih Murah, Direktur Executive Energy Watch : Branding Produk

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved