Pj Bupati Bekasi Tegaskan akan Membentuk PPLH untuk Tangani Masalah Darurat Sampah

Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan menyebutkan Pemerintah Kabupaten Bekasi berencana membentuk Satgas Penanganan Permasalahan Lingkungan Hidup (PPLH).

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Junianto Hamonangan
dok. Pemkab Bekasi
Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan menyebutkan Pemerintah Kabupaten Bekasi berencana membentuk Satgas Penanganan Permasalahan Lingkungan Hidup (PPLH). 

WARTAKOTALIVE.COM, CIKARANG - Guna menangani permasalahan darurat sampah dan pencemaran terhadap lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi berencana membentuk Satgas Penanganan Permasalahan Lingkungan Hidup (PPLH).

"Karena kita menerapkan status darurat sampah, jadi saya cek bagaimana rencana aksi dan pelaksanaannya. Dan pembentukan Satgas ataupun penanganan permasalahan lingkungan, baik sampah maupun banjir," kata Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan saat dikonfirmasi, Rabu (31/8/2022).

Mengenai penindakan bagi pelanggar pencemaran lingkungan, Dani menyampaikan, pihaknya berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi.

Baca juga: Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan Akui Mustahil Pindahkan Sampah di TPS Ilegal Kali CBL

Hal tersebut dikarenakan ada beberapa yang menyangkut dengan kewenangan aturan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN)

"Ya kan semuanya dari hasil penelitian dan pemeriksaan, sampai saat ini memang beberapa yang kita temukan, ada diantaranya merupakan kewenangan pusat dan Provinsi. Sudah beberapa surat kita sampaikan ke Provinsi masih menunggu respons dari tingkat provinsi," jelasnya.

Baca juga: Sampah Menumpuk di Pinggir Jalan Kapten Tendean Arah Blok M, Ganggu Pengguna Jalan

Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Khaerul Hamid mengatakan bahwa pembentukan Satgas PPLH ini melibatkan berbagai pihak. 

Menurutnya, hal tersebut merupakan upaya yang dilakukan lintas OPD dan pentahelix dalam mencarikan solusi lingkungan hidup di Kabupaten Bekasi.

"Jadi ada tiga hal fokus, penanganan masalah sampah di sungai, permasalahan sampah plastik dan pencemaran sungai akibat limbah cair, dan percepatan penanganan banjir, karena ini saling berkorelasi. Salah satu penyebab banjir karena adanya sampah yang tersedimentasi di sungai," kata Hamid. (abs)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved