Wisata Jakarta

Wisata Jakarta, TMII Jelang KTT G20 Sudah Hampir Selesai Direnovasi akan Dibuka Oktober

Melansir laman resmi Kementerian PUPR, proyek ini dilaksanakan dalam 3 zona dengan total anggaran sebesar Rp 1,08 triliun.

instagram @tmiiofficial
Renovasi TMII hampir rampung menjelang KTT G20 di Jakarta 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah merenovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Renovasi yang dimulai sejak Januari 2022 ini dilakukan dalam rangka persiapan Presidensi Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi - KTT G20 November mendatang.

Sekaligus untuk meningkatkan pelayanan TMII sebagai destinasi wisata rakyat sejak tahun 1970-an.

Melansir laman resmi Kementerian PUPR, proyek ini dilaksanakan dalam 3 zona dengan total anggaran sebesar Rp 1,08 triliun.

Zona 1 bertema Indonesia Klasik 'elegan dan geometri' yang meliputi penataan area gerbang utama, renovasi koridor utama Sasono, plaza utara dan selatan, Plaza Gadjah Mada, Tugu Pancasila dan Keong Mas.

Baca juga: Renovasi TMII Hampir Rampung, Jokowi Minta Tiket Masuk Jangan Mahal-mahal

Selain itu, juga ada penataan Sasono Utomo, Sasono Langgeng Budoyo, Sasono Adiguno, Museum Indonesia, dan Lantai 1 gedung pengelola sebagai gerai UMKM yang termasuk dalam zona 1.

Zona 2 bertema Arsitektur Nusantara, Tradisi, dan Budaya Sulur, mencakup penanganan jalan dan pedestrian kawasan lingkar dalam, Plaza Boulevard Nusantara, amphiteater, dan promenade keliling Danau Archipelego.

Zona 3 bertema Indonesia Kini Modern meliputi penanganan jalan dan pedestrian kawasan lingkar luar.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti menyampaikan kegiatan renovasi TMII sudah mencapai 98 persen penyelesaian.

Luas area pekerjaan meliputi penataan bangunan seluas 7,71 hektar dan kawasan seluas 26,56 hektar.

"Kami juga lakukan perbaikan halaman setiap anjungan provinsi yang sebelumnya terkotak kotak dengan pagar besi beton, sekarang menjadi menyatu tanpa sekat antar anjungan dengan lanskap hijau yang indah dan tertata," tutur Diana.

Basuki Hadimuljono memastikan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur akan dibuka kembali untuk umum pada Oktober 2022 usai objek wisata tersebut direvitalisasi.

"(Dibuka) Oktober lah," usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau langsung TMII di Jakarta Timur, Selasa lalu.

Basuki menjelaskan bahwa harga tiket masuk masih dipertimbangkan oleh Sekretariat Negara.

Sebelum direvitalisasi, harga tiket masuk ke taman wisata gagasan Presiden kedua RI Soeharto dan Tien Soeharto tersebut dipatok sebesar Rp25.000 per orang.

"Itu nanti Setneg. Yang sekarang kan Rp25.000. Mudah-mudahan masih tetap di situ," kata Basuki.

Terkait dengan sejumlah perubahan di TMII, Basuki menjelaskan revitalisasi tersebut mengusung konsep yang lebih alami sebagai taman wisata rakyat di Jakarta, selain wisata Ancol dan Ragunan yang sering dikunjungi.

Kemudian, kapasitas parkir dapat difungsikan hingga 500 mobil. Untuk perubahan pada taman kepulauan atau Archipelago, Pemerintah menambahkan Pulau Miangas dan Pulau Rote, serta jumlah anjungan menjadi 37 provinsi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hampir Rampung, Ini 3 Zona Renovasi Taman Mini Indonesia Indah",

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved