GOR Mampang Prapatan yang Menelan Dua Pekerja Tewas Memang Sengaja Dibongkar

Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta menyebut GOR Mampang Prapatan, Jakarta Selatan yang menelan korban dua pekerja tewas memang sengaja dibongkar.

Warta Kota/Ramadhan L Q
Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta menyebut GOR Mampang Prapatan, Jakarta Selatan yang menelan korban dua pekerja tewas memang sengaja dibongkar. 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta menyebut, Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Mampang, Jakarta Selatan yang menelan korban dua pekerja memang sengaja dibongkar.

Namun pihak yang membongkar itu adalah pelaksana proyek yang memenangkan tender, sehingga kasus itu menjadi tanggung jawab mereka.

“Itu memang sengaja dirobohkan, saya ulangi ya roboh itu sengaja dibongkar sehingga bukan ranahnya Dispora lagi,” ujar Sekretaris Dispora DKI Jakarta Rusdiyanto pada Jumat (5/8/2022).

Menurut Rusdi, GOR Mampang selama dioperasikan memang menjadi kewenangan Dispora DKI Jakarta.

Namun ketika ingin direvitalisasi, Badan Pengelola Aset Daerah (BAPD) harus menghapus keberadaan bangunan itu dengan melelang pembongkaran konstruki kepada kontraktor.

Baca juga: 2 Pekerja Renovasi GOR Mampang Prapatan Tewas, Polisi Pasang Garis Polisi

Kata dia, organisasi perangkat daerah (OPD) itu berwenang mengadakan tender pembongkaran bangunan tersebut.

Setelah pemenang didapat, pihak yang bersangkutan bisa membongkar bekas konstruksi milik pemerintah daerah itu.

“Pada saat dilelang, BPAD ini yang punya kewenangan melelang, nah berarti sudah ditemukan pemenangnya, teken kontrak dan dikerjakan. Berarti (bangunan) sudah menjadi milik pemenang tender, dibongkar besinya untuk diambil. Jadi sebelumnya sudah ada proses perhitungan nih, dia yang dapat,” jelasnya.

Rusdi mengatakan, saat ini proses pengerjaan bangunan ini baru menuju revitalisasi, karena sebelum dibangun ulang pemerintah harus merobohkan konstruksinya. Adapun penghapusan aset ini telah diatur oleh peraturan perundang-undangan.

“Jadi memang sengaja dirobohkan karena mau dibangun yang baru, dan yang lama kan dihapus. Jadi bukan karena bangunan roboh, tapi memang sengaja dihapus,” ucapnya.

Baca juga: Kasus Proyek Renovasi GOR Mampang Prapatan yang Tewaskan Dua Pekerja Berakhir Kekeluargaan

Seperti diberitakan, dua pekerja yang tengah melakukan peremajaan gedung Gelanggang Olah Raga (GOR) Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, tewas terjatuh.

Camat Mampang Prapatan, Ujang Hermawan mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Minggu (31/7/2022) sekitar pukul 13.00 WIB.

"Yang saya dapat itu kecelakaan saja, karena jatuh dua-duanya dari atas," ujarnya, saat dikonfirmasi pada Senin (1/8/2022).

"Pada saat kejadian, besinya itu menancap ke mobil, nah ada dua orang korban," sambung dia.

Ujang menuturkan, dari dua orang tersebut, satu pekerja gedung itu tewas di tempat. Sedangkan satu yang lainnya sempat mengalami kritis, tetapi pada akhirnya meninggal dunia.

"Satu meninggal dunia di tempat karena tidak bergerak, tapi sempat dibawa ke RSUD Mampang," kata Ujang. (faf) 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved