Terorisme

Densus 88 Sergap 1 Tersangka Teroris Jamaah Islamiyah di Magetan, Pernah Latihan Militer di Suriah

Densus 88 Antiteror Polri menyergap 1 tersangka tindak pidana terorisme di Jalan Raya Magetan, Jawa Timur, Selasa (2/8/2022) pagi sekitar pukul 08.13.

Instagram @Divisi Humas Polri
Karo Penmas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menjelaskan terkait penangkapan teroris di Magetan, Jawa Timur. Tersangka adalah anggota Jamaah Islamiyah yang memiliki koneksi ke Suriah, Yaman dan Al-Qaeda 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Densus 88 Antiteror Polri menyergap 1 tersangka tindak pidana terorisme di Jalan Raya Magetan, Jawa Timur, Selasa (2/8/2022) pagi sekitar pukul 08.13.

Pelaku yang dibekuk adalah RE alias D, yang merupakan anggota bidang Hubungan Internasional Jamaah Islamiyah (JI).

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menjelaskan track record dan keterlibatan D bersama JI, yang pernah beberapa kali ke Suriah untuk melakukan pelatihan militer.

"Yang bersangkutan keterlibatannya pada 2013 mengikuti seleksi anggota hubungan internasional Jamaah Islamiyah atau JI dan melakukan perjalanan ke Suriah melalui Dubai, untuk membuka jalur hubungan dengan Free Syrian Army atau FSA dan bergabung di pelatihan militer," kata Ramadhan dalam konpers di Mabes Polri, yang ditayangkan di Instagram Divisi Humas Polri, Selasa (2/8/2022).

Menurut Ramadhan, D yang merupakan anggota Bidang Hubungan Internasional JI pada 2015 melakukan perjalanan kembali ke Suriah melalui Istambul.

"Untuk membangun hubungan dengan Jabah Nusro. Pada saat berada di Suriah, yang bersangkutan sempat ditahan oleh kelompok militer ISIS," katanya.

Baca juga: Setelah di Aceh, Densus 88 Ringkus Empat Tersangka Teroris di Riau dan Sumatera Utara

Baca juga: Dituding Danai Teroris, Bos ACT Bingung, Sebut Bantuan ke Suriah untuk Korban Perang

"Yang bersangkutan juga mempunyai koneksi ke Yaman dalam membuka jalur JI dengan Al-Qaeda untuk melakukan pelatihan militer di Suriah," kata Ramadhan.

Selain itu tambah Ramadhan, yang bersangkutan juga pernah berkomunikasi dengan Dul Matin di Magetan, Jawa Timur.(bum)

 

 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved