Event

18 UMKM Kuliner Online Raih eKuliner Awards 2022, Ini Daftar Pemenangnya

Sebanyak 18 UMKM kuliner online dari 10 kota di Indonesia mendapat penghargaan bergengsi eKuliner Awards 2022.

dok. Paxel
Salah satu UMKM kuliner online mendapat penghargaan eKuliner Awards 2022. 

WARTAKOTALIVE.COM - Sebanyak 18 UMKM kuliner online dari 10 kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Magelang, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya dan Denpasar berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi eKuliner Awards 2022.

Acara penghargaan yang diadakan oleh Paxel serta didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) ini diberikan untuk UMKM kuliner online berdasarkan data transaksi penjualan UMKM kuliner selama periode 1 Juli 2021 hingga 30 Juni 2022.

Ada sejumlah kategori yang dinilai pada eKuliner Awards 2022, yaitu Kuliner makanan beku dari kota besar utama, Kuliner makanan segar dari kota besar utama, Kuliner makanan tahan lama dari kota besar utama, Kuliner makanan beku dari kota besar lainnya, Kuliner makanan segar dari kota besar lainnya, Kuliner makanan tahan lama dari kota besar lainnya.

Co-founder Paxel Zaldy Ilham Masita mengatakan, sejak eKuliner Awards 2021, Paxel melihat peningkatan pertumbuhan UMKM yang positif.

Hal ini diharapkan dapat mendorong program Indonesia Spice Up The World yang digaungkan oleh Pemerintah.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno turut memberikan penghargaan eKuliner Awards 2022
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno turut memberikan penghargaan eKuliner Awards 2022.

“Kami mencatat dalam ekosistem Paxel sendiri setidaknya ada kenaikan jumlah pelaku usaha kuliner sebesar 30 persen sejak 2021,” ungkap Zaldy dalam keterangan resmi, Senin (1/8/2022).

Angka ini juga diikuti dengan penyerapan tenaga kerja dari sisi UMKM Kuliner sebesar 6 juta pekerja.

“Hal ini sejalan dengan harapan Pemerintah yang mendorong UMKM go digital, guna meraih omzet yang semakin berlipat,” tutur Zaldy.

Fakta menariknya, lanjut Zaldy, berdasarkan data Paxel, adanya kenaikan omzet para pemenang eKuliner 2021 senilai 56 persen. Ini menjelaskan secara tidak langsung bahwa UMKM kuliner di daerah sudah mampu bersaing melalui platform online

“Kami dapati bahwa permintaan produk kuliner banyak berasal dari kota-kota besar seperti Jabodetabek, yang kemudian dikirimkan dari daerah, sehingga ekonomi di daerah sangat terbantu,” tambahnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved