Breaking News:

Grand Launching JIS

Jakpro Diminta Perkuat Pagar Tribun JIS Ambruk yang Dinaiki The Jakmania

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) diminta memperkuat pagar tribun JIS ambruk setelah dinaiki The Jakmania saat grand launching JIS, Minggu (24/7/2022).

DOK instagram @dki360
PT Jakarta Propertindo (Jakpro) diminta memperkuat pagar tribun JIS ambruk setelah dinaiki The Jakmania saat grand launching JIS, Minggu (24/7/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Pelaksana proyek, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) diminta memperkuat pagar di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

Hal ini buntut ambruknya pagar tersebut usai dinaiki Jakmania menjelang laga persahabatan dengan Chonburi FC Thailand pada Minggu (24/7/2022) malam.

Sekretaris I Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik Zoelkifli mengatakan, pagar yang dibangun itu sebetulnya tidak didesain untuk menopang tubuh penonton. Apalagi, kata dia, jumlah orang yang naik pagar itu mencapai ribuan orang.

“Walaupun sedikit (roboh) memang struktur konstruksi dari stadion kemarin memang itu pagarnya bukan untuk dinaiki sekian ribu orang, tapi tetap saja memang harus sesuatu yang dibuat lebih kuat,” ujar Taufik pada Senin (25/7/2022).

Menurut Taufik, Jakpro harus membuat manajemen kepengurusan untuk mengatur operasional JIS.

Baca juga: Anies Baswedan tak Marah Pagar Tribun JIS Roboh, Memaklumi Semangat The Jakmania yang Tinggi

Mulai dari sisi keamanan, perawatan, tiketing sehingga para penonton bisa aman dan nyaman saat menikmati pertandingan di stadion tersebut.

“Dalam pembicaraan dengan DPRD dengan Jakpro beberapa waktu lalu, ada rencana bahwa pengelolaan stadion JIS akan diserahkan kepada lembaga manajemen stadion profesional, seperti stadion-stadion dunia lainnya,” kata Taufik dari Komisi B DPRD DKI Jakarta ini.

Dalam kesempatan itu, Taufik juga memahami semangat para Jakmania untuk mendukung Persija Jakarta melawan Chonburi FC sangat besar.

Saking semangatnya, mereka nekat naik pagar untuk membela Persija Jakarta yang hasil skornya 3-3.

“Pagar pembatas antara penonton dengan lapangan di JIS kemarin roboh sebagian kecil ketika Persija mau bertanding. Pelajarannya adalah untuk sepakbola memang suporternya luar biasa semangatnya, dalam hal ini Jakmania untuk membela kesebelasannya,” jelas Taufik.

Baca juga: Insiden Ambruknya Pagar Tribun JIS saat Grand Launching Disyukuri The Jakmania, Kok Bisa?

Seperti diketahui, pagar pembatas tersebut roboh saat penampilan band Dewa 19 feat Virzha sekira pukul 17.42 WIB saat grand launching JIS. Pagar pembatas tersebut roboh ketika Dewa 19 feat Virzha melantunkan lagu berjudul Kangen.

Berdasarkan pantauan di lapangan, sejak awal dibukanya acara oleh penampilan band Kotak, beberapa penonton tampak menaiki pagar pembatas tersebut.

Selain itu, terdapat pula penonton yang salin bantu penonton lain yang hendak naik ke pagar pembatas tersebut.

Insiden tersebut membuat seorang penonton jatuh tersungkur, dan dengan sigap petugas yang berada di lokasi langsung membawanya ke tim medis. Anies mengaku, hal tersebut merupakan bagian dari proses belajar.

Menurutnya, yang namanya proses belajar pasti menemukan berbagai macam tantangan. “Analoginya ini adalah growing pain. Growing pain itu gigi tumbuh. Kalau gigi tumbuh itu dokter tidak akan bilang itu penyakit, tapi proses alami sebuah pertumbuhan,” ujar Anies. (faf) 

 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved