Haji dan Umrah

Dilarang Bawa Oleh-oleh Air Zamzam, Ini Sejumlah Larangan Keras Bagi Jemaah Indonesia

Jemaah haji yang hendak pulang ke Indonesia dilarang membawa air zamzam. Nantinya, jemaah akan diberikan air zamzam gratis setiba di Indonesia.

Penulis: Desy Selviany | Editor: Desy Selviany
Tribun
Jemaah haji dilarang bawa air zamzam saat pulang ke Indonesia 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Jemaah haji yang hendak pulang ke Indonesia dilarang membawa air zamzam. Nantinya, jemaah akan diberikan air zamzam gratis setiba di Indonesia.

Pelarangan membawa air zamzam oleh jemaah haji dari Arab Saudi itu diinformasikan akun instagram Kementerian Agama RI @kemenag_ri pada Jumat (15/7/2022).

Disebutkan, pelarangan membawa air zamzam dari Arab Saudi menjadi ketentuan penerbangan.

“Salam, #SahabatReligi, Sesuai aturan penerbangan, dilarang memasukkan cairan dalam koper bagasi,” jelas unggahan tersebut.

Maka dari itu, dimohon agar jemaah diminta tidak memasukkan air Zamzam ke koper bagasi.

Baca juga: JADWAL Pemulangan Jemaah Haji Indonesia, Kloter Pertama Tiba pada 15 Juli 2022

Sebab sudah banyak yang kopernya harus dibongkar ulang karena membawa air Zamzam.

Meski tidak bisa membawa langsung air zamzam, Kementerian Agama RI menjamin jemaah akan tetap mendapatkan oleh-oleh air zamzam.

Nantinya jemaah akan mendapatkan 5 liter air zamzam di Asrama Haji saat tiba di Indonesia.

Sementara itu Edayanti Dasril, Kasie Layanan Kedatangan dan Kepulangan Daker Bandara mengatakan jemaah harus memperhatikan sejumlah peraturan sebelum terbang ke Indonesia.

Saat ini, ada dua perusahaan penerbangan yang melayani kepulangan jemaah haji Indonesia yakni Garuda Indonesia dan Saudia Airlines.

Selama penerbangan, jemaah hanya diperkenankan membawa tas paspor atau tas jinjing yang bisa masuk ke kabin peswat dengan berat maksimal 7 kilogram (kg).

Kemudian, jemaah juga diperbolehkan membawa koper yang ditaruh bagasi dengan berat maksimal 32 kg. Khusus kedatangan Surabaya maksimal 28 kg.

Baca juga: Postingan Jenaka Ridwan Kamil Tentang Level Kebelet “Antre Toilet di Musim Haji “

Adapun barang-barang yang dilarang dibawa selama penerbangan ialah barang mudah meledak dan terbakar, senjata tajam dan senjata api, gas, aerosol, liquid lebih dari 100 mg, uang lebih dari Rp100 juta atau 25 ribu real Saudi.

Selain itu, jemaah haji dilarang memasukan air zamzam ke dalam tas koper atau bagasi dalam ukuran dan kemasan apapun.

“Nantinya akan ada pemeriksaan barang bagasi jemaah pakai x-ray multiview yang mampu deteksi barang-barang yang dilarang termasuk air zamzam,” jelas Edayanti.

Apabila saat pemeriksaan bagasi ditemukan barang-barang dilarang selama penerbangan termasuk air zamzam maka barang-barang tersebut akan dikeluarkan.

Otomatis, koper jemaah terpaksa dibongkar sebelum masuk ke pesawat.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved