UMKM

Disperindagkop UKM Kota Tangerang Permudah Syarat Daftar Anggota UMKM, untuk Bantu Pemasaran

Disperindag-UKM Kota Tangerang memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produk.

Penulis: Gilbert Sem Sandro | Editor: Valentino Verry
warta kota/gilbert sem sandro
Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro Disperindagkop-UKM Kota Tangerang, Hastuti Handayani, menjelaskan proses daftar menjadi anggota UMKM, agar pemasaran produk jadi mudah. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Sebanyak 115.146 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di 13 kecamatan se-Kota Tangerang, telah terdaftar pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Perindagkop-UKM), pada tahun 2020 lalu.

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro Disperindagkop-UKM Kota Tangerang, Hastuti Handayani mengatakan, pihaknya telah memudahkan syarat untuk terdaftar sebagai pelaku UMKM.

Baca juga: Tewasnya Ajudan Kadiv Propam Polri, PBHM: Kapolri Harus Turun Tangan 

Menurutnya, pelaku UMKM dapat langsung datang ke Kantor Dinas Perindagkop-UKM yang berada di Gedung Cisadane, Jalan KS Tubun, Karawaci, Kota Tangerang, dengan membawa surat legalitas.

Kepemilikikan legalitas tersebut, sesuai dengan Undang-undang (UU) Cipta Kerja, tentang pelaku usaha harus memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).  

“Nanti para pelaku usaha akan kami berikan formulir yang berisi data pribadi, data usaha, dan kami akan tanyakan terkait legalitas," ujar Hastuti, Selasa (12/7/2022).

"Jika belum punya, akan kami bantu pelaku UMKM ini untuk mengurusnya melalui sistem online," imbuhnya.

Ia memastikan, pihaknya tidak menerapkan kriteria khusus ataupun ketat untuk menjadi bagian dari anggota UMKM di Kota Tangerang. 

Hal tersebut dilakukan, guna mendukung produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Tangerang agar dapat bersaing di pasar nasional. 

"Terkait kriteria yang kami berikan tidak sulit ya, baik itu yang mau produksi sendiri atau yang menjadi reseller juga dipersilahkan," katanya.

"Asalkan, nilai awal investasi atau modal usaha yang didaftarkan itu biayanya di bawah Rp 1 Miliar," terangnya.

Setelah terdata menjadi anggota Disperindagkop-UKM Kota Tangerang, lanjutnya, para pelaku UMKM mendapatkan berbagai kemudahanpun secara gratis. 

Seperti capacity building, hingga sertifikat halal, perbaikan kemasan, uji edar, hingga informasi tentang permodalan.

"Selain itu kami juga akan fasilitasi pelaku UMKM ini untuk mendaftarkan merek dagang mereka, memperbaiki kemasan, uji edar, klinik usaha sampai informasi terkait permodalan," ucapnya.

"Jadi buat masyarakat Kota Tangerang yang memiliki usaha baik perorangan ataupun kelompok, bisa segera didaftarkan usahanya dan manfaatkan fasilitasnya," jelas Hastuti Handayani.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved