Hewan Kurban

Presiden dan Wapres Masing-masing Berkurban Sapi Seberat Satu Ton untuk Muhammadiyah

Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin turut berkurban saat umat muslim Muhammadiyah merayakan Iduladha, Sabtu (9/7/2022) ini.

Penulis: Alfian Firmansyah | Editor: Valentino Verry
WARTA KOTA/MOHAMAD YUSUF
Ilustrasi sapi kurban dari Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin masing-masing seberat satu ton untuk umat muslim Muhammadiyah. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kantor Pusat Dakwah Muhammadiyah menggelar Salat Idul Adha 1443 H, salat dilaksanakan pukul 06.45 WIB, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, (9/7/2022)

Humas Sekretariat Protokol Pengurus Pusat Muhammadiyah Zainal Abidin mengatakan, ucap syukur merayakan Idul Adha 1443 H, dapat merasakan kebahagian, dan melaksanakan  sholat berjamaah.

Baca juga: Ini Cara dan Niat Doa Menyembelih Hewan Kurban saat Iduladha, Jangan Sampai Salah ya

Selaku imam dan khotib salat Iduladha adalah Wakil Sekretaris Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Sopa, dan juga ia adalah Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Selain itu, pihaknya juga melakukan penyembelihan hewan kurban, dengan total sapi yang tersebar sebanyak 31 ekor, yang melalui kantor PP Muhammadiyah terdapat sembilan ekor sapi dan empat ekor kambing.

Untuk proses penyembelihan dilakukan di Kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, lalu hasil dari pemotongan tersebut akan di sebar ke beberapa wilayah DKI Jakarta.

“Nantinya akan disebar ke beberapa pengurus wilayah, akan disalurkan keenam wilayah DKI, pimpinan wilayah muhammadiyah DKI 1, lalu ke beberapa wilayah lainnya seperti, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Kepulauan Seribu ada juga hewan kurban disembelih di pesantren Muhammadiyah,” tutur Zainal Abidin.

Sementara itu, Zainal menyebutkan pemberian satu ekor sapi dari Presiden Jokowi Widodo dan satu ekor sapi dari Wakil Presiden Ma’aruf Amin.

“Berat sapi dari presiden dan wapres itu masing-masing satu ton,” tutur Zainal.

Ia menambahkan, selain Presiden dan wakil presiden ia  juga menerima hewan kurban dari PT Transjakarta,Bank Syariah Indonesia, Kemendagri, dan sejumlah dari sejumlah partai politik.

“ Kami juga menerima hewan kurban dari Partai Politik, seperti Partai Persatuan Pembangunan dan Partai PDI Perjuangan,” ucap zainal.

Sapi menjadi hewan ternak primadona saat perayaan Iduladha.
Sapi menjadi hewan ternak primadona saat perayaan Iduladha. (Tribun)

Zainal juga menjelaskan, untuk tema Khutbah  pada idul Adha 1443 h  “meneladani nabi Allah Ibrahim sebagai khalilullah”.

“Semoga masyarakat dengan tema ini dapat mendengarkan dengan sesama, dan juga dapat diamalkan dengan sebaik baiknya,” tutup Zainal.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved