KRL

Bikin Nangis, Tidak Dapat Kursi di KRL, Kakek Ini Pilih Duduk di Atas Bakul

Seorang kakek yang tidak mendapatkan kursi saat menumpang KRL Commuterline terekam video.

Editor: Desy Selviany
istimewa
Seorang lansia tidak dapat kursi prioritas di KRL commuterline 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Seorang kakek yang tidak mendapatkan kursi saat menumpang KRL Commuterline terekam video.

Dalam video yang dibagikan terlihat kakek tersebut duduk di pojok dekat pintu KRL Commuterline.

Bukan di atas kursi KRL Commuterline, kakek tersebut duduk di atas bakul dagangannya. Padahal, persis di samping kakek tersebut, terdapat kursi prioritas yang diduduki beberapa penumpang.

Bahkan, dua penumpang yang duduk di kursi prioritas itu ialah wanita yang masih muda.

Sampai saat ini, belum diketahui kapan dan di relasi kereta mana peristiwa tersebut terjadi.

Menurut pengunggah @natadecoco564 pada gerbong tersebut, banyak anak muda yang bisa duduk di kursi. Namun, tidak ada satupun penumpang yang memberi tempat duduk.

Diketahui, setiap transportasi umum seperti bus dan kereta memiliki kursi prioritas.

Bahkan dikutip dari Tribunnews.com sanksi berat bisa diberikan kepada para penumpang KRL Commuterline yang duduk di kursi prioritas, tetapi tak mau berdiri saat ada orang-orang kategori penumpang prioritas tak dapat duduk.

Dikutip dari Tribunnews.com PT Kereta Commuter Indonesia menyiapkan kursi prioritas yang memang dikhususkan untuk penyandang disabilitas, lanjut usia, ibu hamil, dan ibu yang membawa anaknya di ujung depan dan belakang setiap gerbong.

PT. KCI sudah memberikan penanda yang seharusnya pengguna bisa melihat aturan tersebut, tetapi masih saja banyak penumpang KRL yang tidak peduli dan tetap diduduki oleh orang yang tidak semestinya.

Upaya yang dilakukan oleh pihak PT. KCI jika menemukan penumpang yang tidak memberikan kursi prioritas kepada yang membutuhkan akan ditindaklanjuti, yaitu dengan menurunkan penumpang yang tidak taat aturan tersebut di stasiun terdekat.

“penumpang yang tidak taat termasuk tidak memberikan tempat duduk prioritas kepada penumpang yang lebih membutuhkan akan segera diturunkan di stasiun terdekat,” Ungkap Panji (31), petugas yang sedang melakukan pengecekan stasiun, Senin (19/11/2018).

Selain upaya dari petugas, sebenarnya penumpang juga seharusnya memiliki inisiatif sendiri agar menaati aturan untuk tidak duduk di kursi prioritas, karena masih banyak kursi lain yang diperuntukan untuk penumpang umum.

Karena sudah banyak kasus mengenai hal ini, perlu adanya tindakan dan sanksi lebih tegas lagi dari PT. KCI untuk tidak terjadi lagi kasus yang bisa dikatakan pelecehan kepada kaum tertentu.

 

 


 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved