Piala Dunia

Timnas Israel Lolos Piala Dunia 2023, MUI: Jangan Sampai Kehadirannya Malah Bikin Masalah

MUI beri peringatan pada Pemerintah dengan adanya Timnas Israel lolos ke Piala Dunia 2023

BolaSport
Ilustrasi - Timnas Israel lolos ke Piala Dunia U20 2023, MUI tak setuju bila masuk ke Indonesia 

WARTAKOTALIVE.COM - Timnas Israel lolos ke Piala Dunia U20 2023, namun hal itu menuai banyak kecaman, terutama dari Indonesia karena menjadi tuan rumah. 

Dalam kasus ini, pemerintah harus berhati-hati dalam memberikan keputusan terkait kepesertaan Israel di ajang Piala Dunia U20 2023.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) sampai memberikan tanggapan terkait rencana kehadiran Timnas Israel di Indonesia.

Keputusan pemerintah terkait kehadiran Israel di ajang Piala Dunia U20 2023 di Indonesia tersebut juga harus dilakukan secara cermat dan melibatkan berbagai elemen.

"Jangan hanya oleh Kemenpora keputusan itu diambil apalagi memberikan jaminan," kata Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional, Sudarnoto Abdul Hakim yang dilansir dari laman MUI, Rabu (29/6/2022).

Baca juga: MER-C Indonesia Tolak Keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023 yang Digelar di Indonesia

Sudarnoto menuturkan alasan untuk tidak mengaitkan perhelatan olahraga dengan isu politik Palestina-Israel memang dapat dimengerti.

Namun, secara umum dengan isu kemanusiaan, kata dia, rakyat Palestina telah mengalami genosida dalam waktu yang panjang.

"Akan tetapi, penting saya sampaikan bahwa isu genosida yang dilakukan oleh zionis Israel ini sangat spesial dan sensitif, bahkan eksponensial," tutur Sudarnoto.

Sudarnoto menjelaskan Israel dengan sikap takabur dan kasat mata telah menistakan martabat kemanusiaan dan menginjak kedaulatan Palestina.

"Karena itu, menjadi tugas konstitusional dan moral bangsa Indonesia untuk mendukung perjuangan rakyat dan bangsa Palestina," jelas Sudarnoto.

Baca juga: Digelar 20 Mei 2023, Piala Dunia U-20 2023 Menjadi Momentum untuk Kebangkitan Sepak Bola Indonesia

Menurut Sudarnoto, keikutsertaan Israel dalam Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia harus menjadi perhatian serius semua pihak.

“Jangan sampai menimbulkan masalah. Sehingga menggangu hajat besar dan penting perhelatan sepak bola dunia ini," kata Sudarnoto.

Untuk itu, kata dia, untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan terjadinya masalah yang tidak diharapkan merupakan langkah yang baik.

Dengan demikian, lanjutnya, keputusan boleh tidaknya Timnas Israel dalam Piala Dunia U20 di Indonesia ini harus dilakukan dengan sangat bijak.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved