IKN Nusantara

Dengan Diskusi, Hipmi dan Kadin DKI Beri Masukan ke Pansus DPRD Kepindahan IKN

Hipmi dan Kadin DKI dapat memberi rekomendasi kepada pemerintah soal nasib Jakarta sebagai pusat bisnis. Dukung IKN Nusantara

Warta Kota/ Fitriyandi Al Fajri
Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Diana Dewi dan Ketua Umum Hipmi Jaya Sona Maesana saat jumpa pers di Hotel Fairmont, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Selasa (28/6/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jaya serta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta menyatakan kesiapannya membantu pemerintah dalam menyusun akademik pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim).

Caranya dengan menggelar diskusi, sehingga dapat memberi rekomendasi kepada pemerintah soal nasib Jakarta sebagai pusat bisnis dan bentuk dukungan IKN Nusantara.

Ketua Umum Hipmi Jaya Sona Maesana mengatakaN, diskusi ini digelar sebagai bentuk kepedulian sekaligus kontribusi pelaku dunia usaha di Ibu Kota.

Dia berharap, diskusi bisa memberikan masukan kepada Panitia Khusus (Pansus) DPRD DKI Jakarta mengenai nasib Jakarta setelah IKN dipindah.

“Ini supaya kota Jakarta ke depan tetap pro dan kondusif pada dunia usaha. Mudah-mudahan bisa memberi rekomendasi dan ide-ide tentang bagaimana membangun Jakarta ke depan,” kata Sona Maesana saat jumpa pers di Hotel Fairmont, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Selasa (28/6/2022).

Sona mengatakan, para pelaku usaha telah menyatakan kesiapannya untuk menghadapi perubahan yang terjadi setelah IKN dipindah.

Baca juga: Haris Pertama Bangun Sekretariat KNPI di IKN Nusantara, Bentuk Konkret Mendukung Proyek Nasional

Beberapa bulan lalu, pihaknya juga telah menggelar diskusi tentang mengembangkan wirausaha di Jakarta setelah IKN dipindah.

“Kami dalam diskusi itu membicarakan bagaimana Kota Jakarta ke depan, karena seperti kita ketahui UU IKN sudah ditanda tangani oleh Presiden Jokowi,” ujarnya.

Sebagai bahan pertimbangan, Hipmi Jaya menilai Pansus kota Jakarta bisa mengacu pada negara-negara yang melakukan pemindahan atau memisahkan fokus dari IKN, seperti Malaysia atau Amerika Serikat.

Baca juga: Momen Harkitnas, Delapan Ormas Lintas Agama Gelar Ikrar Kebangsaan di Titik Nol IKN Nusantara

Hal itu tentunya bisa menjadi bahan studi banding, sehingga Jakarta sebagai kota bisnis dan ekonomi.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved