Prestasi Stagnan, Risdianto Minta PSSI Pertimbangkan Pelatih Lokal, Akankah Shin Tae-yong Didepak

Mantan penggawa tim nasional sepak bola Indonesia, Risdianto menilik prestasi timnas dibawah asuhan Shin Tae-yong.

Warta Kota/Umar Widodo
Risdianto, mantan pemain Timnas Indonesia. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Mantan penggawa tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia, Risdianto menilik prestasi timnas dibawah asuhan Shin Tae-yong.

Dalam keterangannya yang diterima Tribunnews.com, Risdianto menilai performa timnas yang kini diarsiteki oleh Shin Tae-yong belum menunjukkan tajinya.

Terlebih saat ini Shin Tae-yong melatih timnas sepak bola Indonesia pada semua umur, kecuali U-16 yang masih dibawah asuhan Bima Sakti dan U-19 yang baru saja dimandatkan Shin Tae-yong kepada Dzenan Radonic dan Bima Sakti.

"Baru di Indonesia saya tahu ada pelatih yang menagani hampir di semua level usia," ujar Risdianto kepada Tribunnews.com.

Menurut Risdianto, timnas harus memiliki pelatih yang berbeda pada semua level usia.

Baca juga: Yudha Febrian Mantan Timnas U-19 Lecehkan Wanita, Bos Barito Putera Tegaskan Bukan Pemainnya Lagi

Mantan Pemain Timnas Menilai Sejak Dipegang Shin Tae-yong Belum Ada Prestasi yang Diraih

Hal itu dimaksudkan supaya pelatih dapat fokus dengan skuat yang dinahkodai.

"Beban yang dibawa Shin Tae-yong kan berat, dia harus melatih atau mengawasi latihan hampir di semua usia, tentu fokus dia akan terbagi," ujar Risdianto.

Pria berusia 72 tahun tersebut menyarankan agar PSSI menggunakan pelatih lokal Indonesia pada level usia di bawah timnas senior.

Masih menurut Risdianto, jika kompetisi yang diikuti timnas di bawah tim senior masih di level Asean, ia rasa pelatih lokal banyak kriteria yang mumpuni untuk memimpin garuda muda.

"Untuk yang junior atau di level Asean bisa pakai lokal, Sea Games Filipina kemarin kita pakai Indra Sjafri dapat perak. Kalau Shin Tae-yong mungkin kaliber diatas lah ya, untuk level asia atau kualifikasi piala dunia U-20," tutut Risdianto.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved