Pandemi Virus Corona

Pandemi Virus Corona Melandai, Pemkab Bekasi Perbolehkan Semua Aktivitas 100 Persen

Puji syukur patut dipanjatkan kepada Tuhan, karena saat ini pandemi virus corona mereda. Akibatnya aktivitas di Jabodetabek sudah longgar.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Yudistira Wanne
Ilustrasi - Pemkab Bekasi kini memperbolehkan berbagai aktivitas masyarakt berlangsung 100 persen seperti di pusat perbelanjan, tak ada lagi pembatasan. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah menerangkan status Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayahnya kini telah berganti menjadi level 1.

Oleh sebab itu, ia mengatakan berdasarkan ketentuan di dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 26 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, Dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 Di Wilayah Jawa Dan Bali, beberapa kegiatan yang menimbulkan keramaian telah diperbolehkan kembali beroperasi 100 persen.

Baca juga: Gagal Rebut Emas, Shin Tae-yong Ungkap Timnas Indonesia Mendapat Fasilitas Buruk

"Dalam Inmendagri tersebut, diatur bahwa wilayah kabupaten/kota yang terdaftar PPKM level 1, sejumlah kegiatan yang awalnya hanya boleh 75 persen saat PPKM level 2, sekarang diperbolehkan kembali beroperasi 100 persen," ungkap Alamsyah saat dikonfirmasi, Selasa (24/5/2022).

Ia merinci, karyawan yang bekerja di kegiatan perekonomian sektor essensial dan non-essensial kembali diperbolehkan bertugas di kantor atau work from office (WFO).

Demikian pula kegiatan yang mengundang kerumunan orang banyak seperti di kafe, rumah makan dengan ketentuan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Ditlantas Polda Metro Cek Rute Formula E dari Ancol ke Monas karena akan Ada Konvoi Seperti MotoGP

"Kafe, rumah makan, restoran sekarang sudah boleh makan di tempat dengan kapasitas 100 persen. Kalau buka hingga malam hari, maksimal operasi sampai jam 2 malam dan tetap menggunakan masker serta aplikasi PeduliLindungi," ucapnya.

Hal serupa juga berlaku di pusat-pusat perbelanjaan, mall dan usaha yang ada di dalamnya, termasuk bioskop yang diperkenankan beroperasi dengan kapasitas maksimal.

Tak hanya itu, kegiatan kesenian, budaya dan olah raga, baik yang digelar di dalam maupun luar ruangan, juga telah diperbolehkan digelar kembali.

Baca juga: Tiga Alasan Novel Baswedan Yakin Harun Masiku Takkan Ditangkap Selama Firli Bahuri Pimpin KPK

"Termasuk resepsi pernikahan di dalam gedung atau luar ruangan. Sudah boleh 100 persen," tuturnya Alamsyah.

Alamsyah menambahkan, meski kegiatan sosial kemasyarakatan yang mengundang kerumunan kembali diperbolehkan, ia mengingatkan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

"Hal terpenting prokes tidak boleh kendor. Tetap kenakan masker walau Covid-19 sudah melandai," katanya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved